Turun Lagi Nih! Harga Emas Antam Hari Ini Rp 1,03 Juta/Gram

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 August 2020 13:16
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun hari ini. Tren penurunan yang berlangsung sejak pekan lalu kembali berlanjut.

Pada Senin (17/8/2020), harga Logam Mulia berada di Rp 1.030.000/gram. Turun Rp 5.000 dibandingkan posisi akhir pekan lalu.


Sepanjang pekan lalu, harga Logam Mulia ambles 1,8% secara point-to-point. Mengapa harga emas bisa turun seperti ini?

Harga emas Antam merefleksikan harga emas dunia. Dalam sepekan terakhir, harga emas dunia ambles 4,33%.

Sepertinya investor mulai mencairkan keuntungan yang didapat dari emas yang memang sudah sangat tinggi. Dalam sebulan terakhir, harga komoditas ini melonjak nyaris 7% dan selama setahun kenaikannya mencapai hampir 30%.

"Emas adalah aset aman (safe haven) yang bisa menjadi sarana perlindungan kala ketidakpastian sangat tinggi. Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) masih mengkhawatirkan, bank sentral masih memberlakukan relaksasi moneter yang membuat suku bunga sangat rendah, perseteruan Amerika Serikat (AS)-China, dan sebagainya. Berbagai faktor tersebut menyebabkan harga emas melonjak 12% bulan lalu,' jelas Shrea Paul, Analis GFMS Research, seperti dikutip dari Reuters.

Namun lonjakan harga emas hingga ke titik tertinggi sepanjang masa menyebabkan risiko koreksi ikut meninggi. "Profit taking (ambil untung) akan membuat harga terkonsolidasi," lanjut Paul.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading