Gas Poll...! Emas Antam Dekati Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
21 February 2020 09:40
Dua hari sebelumnya, harga emas Antam juga naik Rp 5.000/gram, sehingga total dalam 3 hari sudah naik Rp 15.000/gram.
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam menguat mendekati rekor tertinggi sepanjang masa pada perdagangan Jumat (21/2/2020). Harga emas dunia yang terus melesat naik mengerek harga emas Antam.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia.com milik Antam, harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram naik menjadi Rp 74,4 juta juta per batang atau 744.000/gram, naik Rp 5.000/gram atau 0,68% dibandingkan Kamis kemarin.

Dua hari sebelumnya, harga emas Antam juga naik Rp 5.000/gram, sehingga total dalam 3 hari sudah naik Rp 15.000/gram.


Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, rekor harga tertinggi sepanjang dicapai pada 8 Januari lalu Rp 75 juta atau Rp 750.000/gram. Ini berarti harga emas Antam hari ini berjarak Rp 6.000/gram dari rekor tertinggi tersebut.



Harga emas dunia kembali menguat ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir Kamis kemarin akibat kecemasan akan pelambatan ekonomi global yang dipicu oleh wabah virus corona di China.

Dalam tiga hari hingga Kamis kemarin, harga emas dunia sudah menguat 2,42% ke US$ 1.619,40/troy ons. Level tersebut merupakan yang tertinggi sejak 15 Februari 2013.

Selain harga emas dunia beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas Antam adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Nilai tukar rupiah juga sedang terus tertekan, hingga Kamis kemarin sudah melemah 3 hari beruntun dengan total 0,37% di Rp 13.700/US$. Ketika rupiah melemah, maka harga emas dunia yang dibanderol dolar AS akan menjadi lebih mahal, dan tentunya menaikkan harga emas di dalam negeri.

[Gambas:Video CNBC]



Pada perdagangan hari ini, rupiah kembali melemah dan diperdagangkan di atas Rp 13.700/US$, sementara harga emas dunia kembali menguat, sehingga harga emas Antam berpeluang naik lagi Sabtu besok.

Selain emas Antam biasa, PT Aneka Tambang juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.


(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading