Video

Investasi Sambil Berdonasi

Investment - , CNBC Indonesia
16 August 2019 20:02
Jakarta, CNBC Indonesia- Pernah mendengar kata endowment fund atau dana abadi sebelumnya? Dana abadi merupakan suatu dana investasi yang dibentuk oleh institusi di mana terdapat penarikan berkala yang digunakan untuk kegiatan operasi atau tujuan tertentu. Dana abadi juga merupakan suatu sarana investasi berkesinambungan yang hasilnya digunakan untuk tujuan-tujuan nirlaba. Terdapat beberapa manajer investasi yang membuat reksa dana dengan misi social. Caranya dengan menempatkan dana pada produk reksa dana yang masuk kategori endowment fund maka investor berinvestasi dan juga sekaligus beramal.

Bagi manajer investasi yang menerbitkan reksa dana ini endowment fund juga merupakan salah satu bentuk dari corporate social responsibility. Selain menggunakan endowment fund sebagai bentuk CSR ada juga yang menggunakan endowment fund sebagai pemanis dan penglaris dalam memasarkan produk reksa dananya. Namun hal ini tampaknya masih agak sulit sebab mayoritas investor di indonesia masih melihat kinerja alias return. Jumlah dana kelolaan yang umumnya kecil juga membuat konsep endowment fund ini masih kurang popoler di Indonesia. 

Nah, untuk memahami lebih jauh terkait endowment fund, yuk simak pemaparan Exist In Exist di Investime, CNBC Indonesia (Kamis, 15/08/2019) berikut ini.
Video Lainnya
    spinner loading