Nasabah Prioritas, Orang Tajir Senang Diperlakukan Istimewa

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 January 2019 11:04
Nasabah Prioritas, Orang Tajir Senang Diperlakukan Istimewa
Jakarta, Indonesia - Mendengar layanan nasabah prioritas dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Bank-bank berlomba menyasar segmen ini, karena nasabah tipe ini biasnya berkantong tebal.

Bank rela memberikan layanan istimewa kepada mereka-mereka ini, bahkan disediakan kantor khusus dengan fasilitas yang tentunya jauh berbeda dengan nasabah biasa.

Untuk menjadi nasabah prioritas tentu saja tak sembarangan. Lalu apa saa apa saja kriteria khusus yang harus dipenuhi. Misalnya, Bank Mandiri para nasabah setidaknya harus memiliki minimal tabungan, bisa dalam bentuk tabungan, minimal Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar.


"Untuk prioritas itu berdasarkan kriteria funds yang dimiliki. Bisa reksadana, insurance, dan produk investasi yang lain. Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar itu bisa disebut priority," ujar Hery Gunardi, Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri kepada CNBC Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan Bank Mandiri, Bank Mega juga mengaku bahwa memiliki standar nominal bagi para nasabah yang ingin menjadi nasabah prioritas. Diza Larentie selaku Consumer Banking Director mengaku bahwa para orang kaya itu harus memiliki uang minimum Rp 500 juta.

Nasabah yang disebut customer Mega First ini tentunya akan mendapatkan banyak benefit dan pelayanan terbaik. Setiap tahun penambahan jumlah nasabah prioritas atau Mega First bertambah 30 persen.

"Untuk menjadi nasabah Mega First minimal mereka harus menyediakan Rp 500 juta. Tentunya para nasabah tersebut akan mendapatkan banyak benefit dari kami yang istimewa," ujar Diza Larentie kepada CNBC Indonesia.

Jika menyimpan dana dalam bank-bank tersebut layanan apa yang didapat?

Contohnya seperti pada Bank Mega yang menyediakan lounge khusus untuk nasabah prioritas yang disebut MegaFirst.

Dengan hanya minimal setoran awal Rp 500 juta, nasabah prioritas bisa mendapatkan first class seperti personal relationship manager (PRM).

"Kalau menjadi nasabah prioritas Bank Mega ada banyak kelebihannya yang pertama bagi MegaFirst akan mendapatkan first class personal relationship manager (PRM). Mereka tidak sendiri akan juga didampingi product expert antara lain treasury specialist atau treasury produk expert," ujar Diza Larentie selaku Consumer Banking Director kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan tidak hanya personalize service tetapi juga first class financial solutions dan first class lifestyle previllages. Para nasabah akan diberikan banyak diskon menarik hingga 50% mulai dari diskon produk fesyen, hiburan, makanan, minuman, klinik kesehatan dan kecantikan, tiket pesawat, kamar hotel, golf dan butik.

Begitu juga dengan Bank Mandiri. Hery Gunardi, Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri menuturkan bahwa para nasabah prioritas dapat menikmati free annual fee selama tercatat sebagai Nasabah Mandiri Prioritas.

Kemudian, Safe Deposit Box, welcoming pack, hadiah ulang tahun, majalah mandiri prioritas, executive lounge, airport handling, golf privilege card, baggage wrapping, jasa konsultasi kesehatan dan overseas education assistance.

"Benefits nya itu deposit box, welcoming pack, annual fee untuk kartu kredit, majalah gratis.

Kalau untuk nasabah private tambahannya airport lounge, jemputan misalnya di Singapura atau Cengkareng," kata dia.
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading