Perencanaan Keuangan

Gunakan Kartu Kredit & Debit Dengan Benar Agar Tak Menyesal

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 October 2018 20:43
Gunakan Kartu Kredit & Debit Dengan Benar Agar Tak Menyesal
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak beberapa tahun terakhir transaksi non tunai terus meningkat. Dalam setiap transaksi, kita tidak perlu lagi menggunakan uang tunai dan cukup menggunakan kartu kredit dan debit sebagai ganti penggunaan uang tunai. 

Walau punya segudang fasilitas, memakai kartu kredit dan debit haruslah digunakan dengan bijak. Lengah sedikit bukan tidak mungkin kita bisa terjerumus dalam perkara utang piutang.

Lebih fatalnya, Anda juga bisa mengalami kebangkrutan total sehingga kondisi keuangan akan carut-marut. Perencanaan Keuangan, Freddy Pioleer mengatakan bahwa untuk menggunakan kartu kredit dan debit dengan bijak harus baca situasi.


Dia mencontohkan, misal bila Anda membeli suatu produk dan terdapat promo pada kartu kredit maka manfaatkanlah. Serta  tetapkanlah bujet belanja per bulan agar Anda punya patokan untuk mengamankan keuangan. 

"Pengguna kartu kredit biasanya banyak menerima banyak keuntungan namun dalam belanja juga wajib diberi batas. Agar  merasa dibebani lihatlah situasi misalkan kalau ada promo gunakanlah dan manfaatkan keuntungan yang ditawarkan," ujar Freddy kepada CNBC Indonesia, Senin ( 1/10/ 2018).

Dia menuturkan usahakan membayar penuh tagihan setiap bulan. Ini berguna untuk menjaga cashflow atau aliran masuk-keluar duit di rekening tetap lancar.

Berbeda dengan kartu kredit, cara bijak gunakan kartu debit haruslah mengecek rekening tabungan secara berkala dan sebaiknya manfaatkanlah fasilitas perbankan online yang memungkinkan pengaturan pembelanjaan dengan kartu debit, cek dan pembayaran tagihan secara bersamaan.
 

Dengan cara ini, Anda akan memiliki satu pintu untuk mengelola pengeluaran dan pemasukan pada rekening agar lebih mudah melakukan pengawasan. Selain itu, banyak bank membebankan biaya jika Anda menggunakan kartu debit lain. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut dan daripada membayar lebih, sebaiknya Anda menyiapkan penarikan uang tunai dalam jumlah tertentu. Serta lebih kritis saat melakukan transaksi  dengan menggunakan mesin EDC dan hal ini juga berlaku untuk kartu kredit.

"Jadilah konsumen yang bijak agar menghindari kerugian finansial dan dapat meminimalisir adanya kejahatan penyalahgunaan kartu kredit maupun debit Anda. Selalu kritis dalam setiap melakukan transaksi khususnya saat menggunakan mesin EDC," kata dia.

Gunakan Kartu Kredit & Debit Dengan Benar Agar Tak MenyesalFoto: Transaksi kartu kredit (Edward Ricardo)



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading