Lho? Huawei Ternyata Belum Bicarakan Bisnis Chip dengan Apple

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 April 2019 15:16
Lho? Huawei Ternyata Belum Bicarakan Bisnis Chip dengan Apple Foto: Logo perusahaan di kantor Huawei di Beijing, 6 Desember 2018. REUTERS / Thomas Peter
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies belum melakukan pembicaraan dengan Apple Inc tentang rencana memasok chipset 5G-nya ke pembuat iPhone itu. Demikian disampaikan Ken Hu, chairman perusahaan smartphone terbesar dunia itu, Selasa (16/4/2019).

Hu menyampaikan pernyataan itu pada pertemuan analis global tahunan perusahaan di kantor pusatnya di Shenzhen, China selatan. Komentarnya muncul setelah pendiri Huawei, Ren Zhengfei mengatakan kepada CNBC bahwa Huawei "bersedia" untuk menjual chip internet generasi kelima (5G) ke Apple.



"Kami belum melakukan diskusi dengan Apple tentang masalah ini," kata Hu, menegaskan bahwa Huawei tidak berencana untuk menjadi vendor chipset saat ini. Dia juga mengatakan sedang menantikan kompetisi dari Apple di pasar ponsel 5G.


Hu mengatakan Huawei telah mendapatkan 40 kontrak komersial untuk membangun infrastruktur telekomunikasi 5G pada akhir Maret, naik dari penghitungan awal yang hanya lebih dari 30 kontrak.

Huawei telah menurunkan proyeksi bisnisnya lantaran ada serangan dari Amerika Serikat (AS), yang menyuarakan kekhawatiran bahwa peralatannya dapat digunakan oleh pemerintah China untuk memata-matai. AS juga telah mendesak sekutu untuk melarang Huawei membangun jaringan seluler 5G.

Huawei telah membantah tuduhan masalah keamanan itu dan mengatakan tuduhan itu tidak berdasar, seperti dikutip Reuters.

Lho? Huawei Ternyata Belum Bicarakan Bisnis Chip dengan AppleFoto: 5G (REUTERS/Yves Herman)

Anak perusahaan Huawei, pembuat semikonduktor internal, HiSilicon, juga merancang chipset yang digunakan dalam produk-produknya.

Pendiri Huawei Ren Zhengfei dalam sebuah wawancara dengan CNBC, minggu ini, mengatakan bahwa perusahaannya "bersedia untuk" menjual chip modem 5G ke Apple, tanpa menjelaskan lebih lanjut rinciannya.

Komentarnya muncul setelah Huawei menentang anggapan bahwa perusahaan berniat menjadi vendor chip untuk bersaing dengan pemain besar seperti Qualcomm dan Intel.



Huawei pada bulan Januari telah meluncurkan modem 5G-nya, Balong 5000, yang katanya adalah yang paling kuat di industri itu, serta chipset base station 5G yang dinamai Tiangang.

Perusahaan ini bulan lalu melaporkan kenaikan laba bersih 25% pada 2018 menjadi 59,3 miliar yuan (US$ 9 miliar), bahkan ketika pendapatan dari bisnis peralatan jaringan turun 1,3% menjadi 294 miliar yuan karena ada pergeseran dalam investasi industri telekomunikasi.


Saksikan video mengenai bisnis chip Huawei berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading