Review Laptop Ultra Portabel ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Entrepreneur - Advertorial, CNBC Indonesia
26 December 2022 00:00
adv

Jakarta, CNBC Indonesia - Laptop ultra-portable premium saat ini menjadi primadona. Sebab, dengan bobot ringan dan desain tipis, perangkat ini bisa mendukung produktivitas pengguna di mana pun berada.

Apalagi kalau laptop tipis itu dibekali dengan performa mumpuni, baterai super awet, layar bagus, dan charger yang juga mini. Idaman sekali, bukan?

Sebagai pemain utama yang sudah hampir 10 tahun menjadi market leader di Indonesia, ASUS kenal betul dengan impian seluruh warga masyarakat pekerja mobile.

Dalam memenuhi kebutuhan itu, ASUS merilis seri Zenbook S 13 OLED (UM5302). Laptop ultra-portable premium ini hadir dengan performa powerful yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series.

Zenbook S 13 OLED (UM5302) merupakan salah satu seri Zenbook paling ringkas dan ringan, dengan ketebalan bodi hanya 14,9 mm dan bobot hanya 1,1 kg. Perangkat ini juga dibekali dengan ASUS Ultra Mini Adapter yang ringkas dan serba guna, sehingga Zenbook S 13 OLED (UM5302) tampil sebagai laptop ultra-portable terbaik di kelasnya.

Dengan laptop ini, ASUS ingin agar semua orang dapat tidak lagi dihadapkan pada kendala bobot, dimensi, dan performa perangkat untuk tetap produktif.

Seperti disebutkan, Zenbook S 13 OLED (UM5302) ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series terbaru, tepatnya AMD Ryzen™ 7 6800U Processor berbasis Zen 3+ dengan Arsitektur 6nm. AMD Ryzen 7 6800U Prosesor yang punya TDP 15W+ menandakan bahwa perangkat ini hadir dengan 8 core/16 thread yang memberikan performa cepat untuk berbagai kebutuhan harian, mulai editing konten, produktivitas, multitasking, dan menonton video 4K.

adv

Di sisi lain, teknologi pada prosesor tersebut memiliki efisiensi daya maksimal yang membuat nyala baterai laptop lebih lama. Adapun dukungan semua platform terbaru mulai DDR5, PCI.E Gen 4, USB 4.0 hingga WiFI6E akan membuat laptop menjadi future proof.

Sementara untuk mendukung kebutuhan bermain game, laptop ini menggunakan Radeon 680M dengan 12 Core (CU) yang menghadirkan pengalaman lebih nyaman pada kartu grafis integrated baik game AAA maupun Esport pada resolusi 1080p. Menariknya, Zenbook S 13 OLED (UM5302) juga support dengan AMD FSR.

Agar performa lebih optimal, ASUS membekali Zenbook S 13 OLED (UM5302) dengan hardware modern seperti penyimpanan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB dan memori LPDDR5-6400 berkapasitas 16GB. Kombinasi keduanya memastikan Zenbook S 13 OLED (UM5302) memiliki performa yang powerful untuk berbagai aktivitas.

Desain Premium

Sejak awal diperkenalkan Zenbook S merupakan seri laptop ultra-portable yang mengedepankan desain premium sangat ringkas sekaligus ringan. Zenbook S 13 OLED (UM5302) pun hadir dengan desain bodi yang memiliki ketebalan hanya 14,9 mm serta bobot hanya 1,1 kg.

Sebagai laptop premium, Zenbook S 13 OLED (UM5302) menggunakan bodi berbahan magnesium-aluminium alloy, serta mengadopsi desain Zenbook terbaru yang minimalis dan telah menggunakan logo ASUS Monogram.

Spesifikasi tersebut membuat Zenbook S 13 OLED (UM5302) tampil sebagai salah satu laptop dengan layar OLED paling ringan di Indonesia.

Untuk warnanya, Zenbook S 13 OLED (UM5302) hadir dalam empat varian, yaitu Ponder Blue, Refine White, Aqua Celadon, dan Vestige Beige. Dengan warna-warna lembut ini, ASUS membawa Zenbook S 13 OLED (UM5302) ke standar laptop ultra-portable premium ke tingkat selanjutnya.

Layar Premium

Zenbook S 13 OLED (UM5302) dibekali ASUS OLED, yaitu teknologi layar terbaik saat ini. Layar ASUS OLED di laptop ini menggunakan resolusi 2,8K (16:10) dan dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi, serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif.

Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS OLED juga dibekali fitur Eye Care yang memungkinkan spektrum cahaya biru berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS OLED, pengguna Vivobook S 14 (K3402) dapat menikmati sajian visual terbaik sekaligus dapat beraktivitas lebih lama tanpa harus khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

Fitur Premium

Tidak hanya hadir dengan hardware dan layar premium, Zenbook S 13 OLED (UM5302) juga dilengkapi fitur pendukung terbaik di kelasnya. Salah satunya adalah ASUS ErgoSense Keyboard.

Didesain khusus untuk menghadirkan pengalaman mengetik terbaik, ASUS ErgoSense Keyboard di Zenbook S 13 OLED (UM5302) memiliki key travel sejauh 1,4 mm yang tepat untuk mengetik serta key-cap dish 2,2 mm yang sesuai dengan bentuk jari manusia.

Tampil sebagai perangkat pendukung produktivitas dengan portabilitas terbaik, Zenbook S 13 OLED (UM5302) tentu harus bisa mendukung aktivitas online conference atau video call dengan baik.

Untuk itulah Zenbook S 13 OLED (UM5302) dibekali dengan teknologi AI Noise-Cancelling yang memungkinkan untuk meredam berbagai suara bising di sekitar penggunanya, memastikan komunikasi tanpa gangguan saat online conference atau video call.

ASUS bahkan membekali Zenbook S 13 OLED (UM5302) dengan mikrofon khusus dengan dukungan multi-presenter yang mempermudah aktivitas online conference call.

Zenbook S 13 OLED (UM5302) juga dapat menjaga kesehatan penggunanya karena dilengkapi lapisan anti-bakteri khusus. Teknologi ini dapat mencegah perkembangan bakteri di permukaan bodi laptop hingga 99% dalam jangka waktu 24 jam.

Lapisan tersebut memastikan Zenbook S 13 OLED (UM5302) tetap higienis sehingga penggunanya terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

Performa Lugas

Dengan spesifikasi bagai laptop kelas performa tersebut, ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) menghadirkan performa lugas pada laptop ringkas.

adv

Saat dicoba untuk menjalankan beberapa aktivitas, seperti menyaksikan video Full HD secara offline, streaming, atau menjalankan simulasi office, baterai perangkat ini sanggup memasok energi hingga 16 jam, tergantung setting dan aktivitas yang dilakukan.

adv

Tak salah jika ASUS mengklaim ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) sebagai laptop ultra portabel terbaik untuk pengguna nomaden saat ini.

Artikel Selanjutnya

Kreator Wajib Tahu! Ini Syarat Laptop Untuk Video Editing


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading