Kontrak Ekspor UMKM di BRILianpreneur Sentuh Rp 1,2 T

Entrepreneur - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
15 December 2022 13:31
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali menyelenggarakan UMKM  EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 dengan tema 'Bring MSME's Indonesia to The World'. Sejak dilakukan pada 2019, ajang ini menargetkan lebih banyak pelaku UMKM yang siap memperluas pasar ke perdagangan internasional sekaligus masuk rantai pasok global di setiap tahunnya. (Dok. BRI) Foto: Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 Kamis (15/12/2022). (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali menyelenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 dengan tema 'Bring MSME's Indonesia to The World'. Sejak dilakukan pada 2019, ajang ini menargetkan lebih banyak pelaku UMKM yang siap masuk ke pasar ekspor dan menjadi bagian dari rantai pasok global.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan dalam kegiatan ini, realisasi kontrak ekspor antara UMKM dan buyer internasional mencapai US$ 76,7 juta, dari target sebesar US$ 75 juta. Artinya realisasi sudah mencapai target.

"Tahun lalu terjadi kontrak ekspor itu US$ 65 juta atau Rp 1 triliun. Tahun ini kita targetkan US$ 75 juta targetnya. Hari ini ternyata sekarang realisasi sudah US$ 76,7 juta yang kalau dirupiahkan itu terjadi kontrak Rp 1,2 triliun," ungkap dia dalam Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 Kamis (15/12/2022).

Sementara menurut Sunarso untuk transaksi UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022, BRI menargetkan sebanyak Rp 15 miliar atau meningkat dari tahun sebelumnya.

"Saya laporkan tahun lalu peserta itu sebanyak 500 UMKM. Tahun ini 500 UMKM di bazaar dan ditambah 250 UMKM di showcase. Tahun lalu menghasilkan Rp 10,3 miliar di bazar, dan target tahun ini kita targetkan Rp 15 miliar tahun ini," ungkap dia.

Seperti diketahui, UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 dilaksanakan secara hybrid, yakni online dan offline di JCC pada 1 Desember hingga 31 Desember mendatang. Sebanyak 500 UMKM yang terpilih terdiri dari enam kategori berbeda, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion, Healthcare/Wellness, dan Digital Technology (Startup).

Adapun sebelumnya Sebelumnya, ada serangkaian kegiatan di UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022, antara lain Expo dan Virtual Expo, Bazaar Online, Business Matching, Ngobrol Bisnis, Ngobrol Pintar, Ketawa Bareng, Dari Lokal Jadi Kece, Serba Serbu, Yuk Berkreasi, Tiba-Tiba Shopping, Nusantarasa, Cerita Wastra, Music Performance, serta UMKM dan business matching Awards.

"Acara ini isinya mendorong UMKM untuk layak dan percaya diri bersaing di internasional, dan produk dan jasanya dijual ke internasional. Ini kurasinya sudah dari Januari," jelas dia.

Sunarso mengungkapkan bahwa dalam UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022 sebanyak 20 negara sudah melakukan bisnis matching dengan UMKM lokal. Jumlah ini mengalami peningkatan di mana pada tahun sebelumnya ada sebanyak 15 negara yang melakukan bisnis matching.

"Buyer tahun lalu itu datang dari 15 negara. Sekarang dari 20 negara yang sudah melakukan bisnis dengan kita semua," pungkas dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Demi UMKM Naik Kelas, BRI Gelar Pengusaha Muda BRILian 2022


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading