CNBC Insight

Ternyata Khong Guan dari Singapura, Begini Cerita Masuk ke RI

Entrepreneur - Petrik, CNBC Indonesia
04 March 2022 15:10
Cover Insight, Khong Guan

Jakarta, CNBC Indonesia - Lebaran adalah momen belanja terbesar bagi umat Islam Indonesia. Bahkan di masa sulit sekali pun. Makanan kering seperti biskuit kalengan Khong Guan cukup populer ketika lebaran. Bisanya warga Indonesia, selepas lebaran kalengnya tidak dibuang dan dipakai untuk menyimpan makanan seperti kerupuk rengginang.

Meski jaya di Indonesai ketika musim lebaran, Khong Guan tidaklah berasal dari Indonesia. Khong Guan berasal dari Singapura. Pendirinya adalah dua bersaudara asal Fujian, Chew Choo Keng dan Chew Choo Han.

Mereka tiba di Singapura pada 1937. Menurut Who's who in Malaysia Singapore (1993:89) setelah Chew Choo Keng bekerja pabrik biskuit, pada 1947 bersama Chew Choo Han dia mendirikan Khong Guan Biscuit Factory di Singapura.


Di pasaran lokal Singapura biskuit ini cukup sukses dan kemudian biskuit ini dieskpor keluar Singapura. Pabriknya, yang semula di Haword Road nomor 18, dipindahkan ke Jurong, Singapura, untuk memperbesar produksinya. 

Dari Singapura biskuit-biskuitnya masuk ke Malaysia dan akhirnya ke Indonesia.

Selain dua negara tetangga terdekat, kemudian ke negara-negara Asia Tenggara lainnya. Khong Guan juga sampai ke Hong Kong dan Timur Tengah.

Biskuit Khong Guan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1950-an. Pada 6 September 1956 NV Giok San Kongsi berdiri. Di dalamnya terdapat Ong Kong le, Hidayat Darmono dan Go Swie Kie (pemilik Gunung Sewu Group). Kala itu biskuit Khong Guan masih barang impor. 

Produksi pertama Khong Guan buatan Indonesia baru terjadi setelah 1971 di Surabaya. Belakangan Khong Guan Indonesia punya pabrik di Ciracas, Jakarta Timur. Khong Guan Merah Assorted ini dianggap sebagai produk pertama Khong Guan Biscuit Factory Indonesia. 

Gambar di kalengnya cukup legendaris, seorang ibu yang didampingi anak laki-laki dan perempuannya sedang bersantap di meja makan. Gambar ini fenomenal karena sering jadi bahan guyonan, soal tak ada sosok ayah di gambar tersebut.  Diyakini bahwa gambar itu desain dari Bernardus Prasodjo. Gambar di kaleng Khong Guan itu sangat populer di Indonesia.

Pada 1972 menjadi PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia. Sejak 2 Maret 1976 namanya menjadi PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd. Khong Guan Biskuit Indonesia ini memiliki 136 merek makanan ringan. Diantara Choco Bear, Big Royal Wafer, Mini Stick, Togo, Malkist Crackers, Marie Special, Butter Cookies, Wafer Nissin, Monde dan lainnya.

Bersama Assorted, panganan lain buatan Khong Guan juga kemudian tak hanya meramaikan lebaran saja, jajanan lain buatan Khong Guan juga termasuk jajanan sehari-hari yang dikonsumsi kelas menengah bawah Indonesia.


TIM RISET CNBC INDONESIA

 


[Gambas:Video CNBC]

(pmt/pmt)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading