Desa BRILian Indonesia Tetap Tangguh Saat Pandemi

Entrepreneur - rah, CNBC Indonesia
10 December 2021 21:48
BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 memberikan perubahan kepada kehidupan masyarakat, termasuk dari sisi kesehatan dan perekonomian. Situasi ini juga mendorong masyarakat pedesaan untuk memiliki kemandirian ekonomi, salah satunya melalui pengembangan usaha.

Di masa penuh tantangan, masyarakat desa didorong untuk jeli melihat potensi yang ada di sekitarnya. Meski demikian, untuk membangun kemandirian ekonomi bukanlah sesuatu yang mudah bagi masyarakat desa. Untuk itu, BRI hadir memberikan dukungan agar masyarakat desa dapat berdikari melalui bermacam kegiatan usaha.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan BRI melalui program Desa BRILian adalah pemberdayaan desa dan peningkatan kapabilitas perangkat desa, Direktur BUMDes dan Badan Permusyawaratan Desa melalui webinar online dan pendampingan kewirausahaan desa.


Setelah memberikan pendampingan bagi masyarakat perdesaan untuk membangun usaha yang tangguh sepanjang tahun 2021, di bulan Desember ini BRI siap menggelar 'Pagelaran Desa BRILian Indonesia'. Dalam kegiatan ini, BRI menilai dan memilih #DESABRILIANUNTUKINDONESIA yang dianggap berhasil dalam membangun ketangguhan ekonomi lewat kegiatan usaha masyarakatnya

Pagelaran Desa BRILian Indonesia juga akan diisi dengan serangkaian kegiatan bermanfaat. Mulai dari Bincang Desa BRILian dan Nugraha Karya Desa BRILian, hingga showcase produk-produk kreasi masyarakat desa.

Kegiatan Rembuk Desa Nasional menyajikan diskusi interaktif membahas terkait perspektif pembangunan desa oleh narasumber yang kompeten. Acara ini akan diikuti oleh para finalis Desa BriLian dan kepala desa inspiratif

Sementara itu, setelah melalui tahapan penilaian yang ketat, BRI memiliki beberapa Desa BRILian yang akan memperoleh penghargaan dalam sesi Nugraha Karya Desa BRILian. Desa-desa yang terpilih dianggap memiliki inovasi BriLian yang mampu menggerakkan perekonomian sehingga dapat menjawab tantangan pandemi.

Kegiatan lain yang tak kalah seru, yakni showcase dari produk-produk UMKM perdesaan. Melalui kegiatan ini, UMKM desa dapat menunjukkan keunggulan dan daya tarik produk mereka kepada khalayak luas.

Pagelaran Desa BriLian Indonesia #DESABRILIANUNTUKINDONESIA diselenggarakan dari The Sultan Hotel & Residence Jakarta pada 13-14 Desember 2021. Acara puncak 'Pagelaran Desa BRIlian Indonesia' dapat disaksikan melalui live streaming di detikcom, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia pada Selasa (14/12/2021) pukul 19.00 WIB.

Pagelaran Desa BRILian 2021 merupakan upaya untuk mendukung ekonomi desa yang mulai bangkit dalam situasi pandemi COVID-19. Ketangguhan ekonomi desa berarti penting sebagai penopang ketangguhan ekonomi nasional.


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading