Demi UMKM Naik Kelas, BRI Ungkap Pentingnya Sertifikasi Halal

Entrepreneur - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
12 November 2021 13:17
Bazar Klaster UMKM BRI (CNBC Indonesia/Khoirul Anam)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memberikan sertifikasi halal kepada para UMKM binaannya. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, langkah tersebut bertujuan untuk membuat UMKM naik kelas dan bisa berkembang.

"Mudah-mudahan mutunya terjaga, pasarnya semakin terbuka. Jadi mereka akan kita percepat naik kelas supaya bisa diakses pasar lebih besar lagi," kata Supari dalam acara Bazar Klaster UMKM BRI di Taman Kantor Pusat Bank BRI, Jumat (12/11/2021).

Dia menyebutkan, sertifikasi halal kepada para UMKM BRI merupakan bagian dari target Kementerian BUMN, yakni memberikan 5.000 sertifikasi halal terhadap dua sektor, yakni makanan dan kesehatan. Target selanjutnya menurut Supari, yakni perluasan pasar bagi UMKM binaan BRI juga dilakukan melalui digitalisasi.


"Jadi ini secara besaran kita akan mengemas dan menjahit ekosistem ini dari hulu sampai hilir. Hulunya sudah kita bangun, sekarang hilirnya yang akan kita bangun dengan membangun toko digital yang nanti diisi dari produk-produk para anggota klaster (UMKM) BRI," terang Supari.

Diketahui, BRI menyelenggarakan kegiatan Bazar Klaster UMKM dalam setiap bulan. Menurut Supari, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun ekosistem, khususnya sektor pertanian.

"Kemudian klaster kita pertemukan dengan ekosistem pembelinya dan bagaimana juga mereka menggunakan transaksi-transaksi yang tergabung dalam ekosistem payment," jelas dia.

Adapun Bazar Klaster UMKM telah berlangsung selama tiga kali. Ia menegaskan, Bazar Klaster UMKM binaan sudah diperluas ke tingkat regional.

"Bazar ini sudah saya perluas sampai dengan tingkat regional, dan juga regional sudah banyak insiatif untuk memperluas ke tingkat kabupaten/kota," ungkap Supari.


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading