Abon Ikan Asin Layur Bangga Maju Bersama Pertamina SMEXPO

Entrepreneur - dob, CNBC Indonesia
24 September 2021 15:53
Pertamina

Jakarta, CNBC Indonesia- Pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2020 meninggalkan banyak kesan positif bagi UMKM Mitra Binaan Pertamina. Salah satunya yang dirasakan oleh Amiroh, UMKM Mitra Binaan Pertamina yang bergerak dalam pembuatan abon ikan asin layur.

"Pertamina SMEXPO memiliki nilai magic, luar biasa," tandas Amiroh.

Pernyataan Amiroh bukan sekadar isapan jempol belaka. Amiroh mengakui, sebelumnya pemasaran produknya tidak berjalan seperti yang dia harapkan.


"Penjualan cenderung adem ayem saja, bahkan menurun karena dampak Covid-19," ujarnya.

Tetapi, dengan mengikuti Pertamina SMEXPO 2020, Amiroh merasakan perubahan yang signifikan dan membahagiakan pada bisnisnya.

"Begitu lolos di SMEXPO, pemasaran dan nilai jual produk saya langsung melejit," ujar Amiroh.

Hal ini membuat dia begitu percaya diri untuk menceritakan dan menekuni bisnis abon yang dibuat dari ikan layur ini.

Amiroh juga menuturkan, efek semangat yang dia dapatkan setelah mengikuti gelaran Pertamina SMEXPO 2020 ini tak dapat ditandingi oleh motivator manapun.

"Terus terang saja, itu mendatangkan kepercayaan diri yang luar biasa," ungkapnya.

Meski demikian, dia tidak bisa berbicara panjang lebar tentang ilmu dan apa yang ia rasakan selama mengikuti SMEXPO. Namun, Amiroh kerap bercerita tentang kisah produknya mengikuti Pertamina SMEXPO 2020 kepada reseller dari dalam maupun luar kota.

Amiroh pun tidak ragu lagi untuk kembali bergabung pada Pertamina SMEXPO 2021 yang akan diadakan pada bulan Oktober 2021. Bahkan, dia mengungkapkan kebanggaannya bisa kembali mengikuti SMEKPO 2021.

"SMEXPO adalah acara kebanggaan saya bersama Pertamina," tegasnya.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina SMEXPO 2021 dengan tagline "Berani Keren se-Indonesia" mempersiapkan program-program yang mendukung UMKM Mitra Binaan agar Go Modern, Go Global dan Go Internatioal.

"Mitra binaan Pertamina diharapkan bisa lebih mandiri dan mampu beradaptasi dengan pandemi dan perkembangan dunia digital," ujar Fajriyah.

Menurut Fajriyah, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan salah satu langkah Pertamina mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

"GBBI adalah gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia. Pertamina SMEXPO tentunya ikut mendukung GBBI karena memiliki semangat yang sama untuk kemajuan UMKM Indonesia," imbuh Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, Pertamina SMEXPO 2021 merupakan salah satu bentuk implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8 yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pertamina SMEXPO 2021 juga merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sejalan dengan kerangka ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dijalankan Pertamina di seluruh lini bisnis dan wilayah operasi perusahaan.

"Pertamina SMEXPO 2021 diharapkan dapat membuka lapangan kerja kerja baru serta mendorong pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional," pungkas Fajriyah.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading