Janji Jokowi ke Petani : Syarat KUR Bakal Makin Mudah!

Entrepreneur - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 August 2021 13:09
Petani memanen buah timun suri di Kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan mempercepat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR), terutama KUR bagi sektor pertanian. Plafon KUR pertanian yang dipersiapkan mencapai Rp 70 triliun.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi dalam peresmian Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021 secara virtual di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Plafon 2021 sebesar Rp 70 triliun khusus pertanian dari total KUR yang ada Rp 253 triliun," kata Jokowi, Rabu (25/8/2021).


Jokowi memastikan pemerintah akan terus mematangkan skema penyaluran KUR agar sesuai dengan karateristik usaha di bidang pertanian. Kepala negara menjanjikan, ke depan persyaratan untuk mendapatkan KUR akan lebih mudah.

"Persyaratan KUR juga harus terus dipermudah dan KUR juga harus bisa dimanfaatkan untuk peningkatan nilai tambah pasca panen seperti dalam pengadaan rice milk unit sehingga KUR semakin dirasakan manfaatnya oleh petani," katanya.

Jokowi juga meminta kepada jajaran menteri dan kepala daerah untuk memperkuat pendampingan bagi petani. Termasuk, bagimana cara memanfaatkan teknologi agar usaha pata petani semakin berkembang.

"Termasuk platform digital untuk meningkatkan produktivitas petani dan memotong panjangnya mata rantai pemasaran UMKM pangan," jelasnya.


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading