BRI Gelar Pameran Virtual Lokal Keren Jatim Bangga Buatan RI

Entrepreneur - yun, CNBC Indonesia
04 August 2021 13:50
Guna mendukung UMKM terus berkarya dan menghasilkan produk terbaik, Pemerintah melalui Kementrian BUMN menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) digelar dengan tema “Lokal Keren Jatim”.

Jakarta, CNBC Indonesia - Guna mendukung UMKM terus berkarya dan menghasilkan produk terbaik, Pemerintah melalui Kementerian BUMN dan BRI bersama para stakeholder lain menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) digelar dengan tema "Lokal Keren Jatim".

Hadir pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM KBUMN Loto Srinaita Ginting. Dia mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat mencintai dan membeli produk lokal yang tentu utamanya dari produk UMKM.

"Saya tujukan kepada masyarakat seperti yang disampaikan bahwa jangan terlalu kita memberikan stigma produk lokal adalah yang mungkin kurang kompetitif. Saat ini dengan proses kurasi yang bagus, produk UMKM kita sangat kompetitif," ujarnya dalam keterangan pers virtual,  Rabu (4/8/2021).


Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto mengatakan, UMKM merupakan sektor penting karena menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Ada lebih dari 60 juta UMKM di tanah air.

"BRI porsi UMKM sekitar minimal 80%, hampir Rp 750 triliun dari porsi kredit di UMKM. Bagaimanapun, UMKM bagi BRI adalah darahnya BRI," katanya.

Adapun bagi BRI, tujuan diadakannya BBI "Lokal Keren Jatim" ini adalah untuk membantu akses ke pasar UMKM yang lebih luas.

"Event ini menjadi momentum bagi yang tengah berjuang saat pandemi. Agar para pelaku UMKM mengambil manfaat dan bersaing di tingkat global," tegasnya.

Informasi saja, dalam rangka mendukung UMKM, Kementerian BUMN juga berkolaborasi dengan BRI, Jayaboard serta Wingsfood. Hadir pula pada acara virtual hari ini adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, PR Wings Food, Oucky Hertanto serta Presiden Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani.

"Pertama harus meyakinkan konsumen, bisa bangga kalau produk berkualitas. Segenap elemen membidangi untuk aktif lakukan kurasi. Ada Jatim Fair, karena pandemi tahun lalu dilakukan secara virtual. Kurasi adalah hal penting," ujar Emil.

Selanjutnya, Oucky menegaskan bagaimana UMKM menjadi penting dan perlu diperhatikan bersama. Para pihak harus membuat ekosistem, agar UMKM tidak stagnan. Sehingga UMKM bisa ini harus naik kelas dan bersaing.

"Dari situlah dan prinsip yang dikembangkan di perusahaan, pengembangan UMKM jadi poin penting. Kami tanggal 10 Mei launching Wings Andalan Kuliner. Mengapa kami andalkan, karena related dengan bisnis kami. Lebih mudah memantain," tuturnya.

Sementara itu, Ahmad mengatakan keterlibatan perusahaan dalam acara ini sebagai bentuk dukungan kepada UMKM.


(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading