Kios Warga, Bisa Jadi Bekal PNS Untuk Hadapi Hari Tua

Entrepreneur - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
11 June 2020 18:18
Infografis: Rekrutmen Lowongan CPNS Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

Jakarta, CNBC Indonesia - Taspen melalui program Wirausaha Pintar melahirkan Kios Warga yang disiapkan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyongsong hari tua.

Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih mengatakan program ini diharapkan bisa membantu para pensiunan menyiapkan hari tua. Salah satu hasil riset menyebut, 7 dari 10 pensiunan harus tetap bekerja untuk melanjutkan hidup.

"Kami sebagai institusi, perseroan yang punya tujuan khusus, membina kesejahteraan ASN, seluruh Pemerintah Kota hingga pemerintah daerah isinya ASN semua, kami berharap sejak ASN aktif sehingga mereka tak usah bingung lagi (di masa tua)," katanya dalam sambutannya saat peluncuran Kios Warga secara virtual, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (11/6/2020).


Sebagaimana diketahui, Taspen menggandeng Bank BRI dan PT Jaringan Sistema Semesta (JSS) dimana Taspen berperan mengedukasi para ASN, calon pensiunan dan pensiunan ASN untuk dapat berwirausaha. Sementara itu, Bank BRI berperan memfasilitasi pembiayaan usaha Kios Warga melalui produk BRIGUNA Kios Warga dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI dengan persyaratan yang mudah dan ringan serta penyediaan sistem pembayarannya.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto bahkan menyebut, Warung Kios ini bisa menjadi jembatan untuk melebarkan sayap dalam menambah agen Brilink milik BRI. Saat ini, Agen BRILink mencapai 424 ribu yang tersebar di 51.650 desa di seluruh Indonesia.

"Dengan adanya Kios Warga ini makin menambah jumlah ekosistem komunitas di agen BRILink, semakin mendekatkan masyarakat kepada layanan di daerah remote," ujarnya lagi.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan jika program ini memberikan kesempatan yang baik bagi ASN dan pensiunan agar memiliki usaha.

"Jadi ini saya kira satu langkah sangat penting barangkali bisa jadi model dan patut ditiru oleh Kementerian lain untuk menyiapkan ASN yang mau masuk ke masa pensiun untuk diberikan pembiayaan dan kesempatan usaha," terangnya.

Menurutnya, saat ini banyak model bisnis seperti kios yang bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat yaitu ASN dan pensiunan untuk bisa memulai usaha baru dengan cara mudah.

"Apalagi kalau modal usaha di back-up oleh BRI akan semakin memperkuat perputaran usaha. Saya kira harapan kami akan memperkuat usaha UMKM, sehingga bisa memberikan multiplier effect kepada masyarakat sekitar," tegasnya.

Adapun hingga saat ini, terdapat 50 titik Kios Warga yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini akan terus bertambah seiring semakin bertambahnya peminat program Kios Warga.

Bank BRI juga memberikan kesempatan bagi pemilik Kios Warga untuk menjadi Agen BRILink dengan konsep bagi hasil yang lebih menguntungkan sehingga menambah pendapatan. Selain itu, beberapa produk yang dijual di Kios Warga didukung oleh produk-produk unggulan UMKM binaan Bank BRI.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading