Strategi Dekatkan UKM dengan Dunia Digital

Entrepreneur - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
20 January 2018 19:22
Salah satu misi utama RKB adalah mendekatkan UKM dengan dunia digital.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Negara Indonesia Tbk meresmikan pusat pelatihan usaha atau lebih lebih dikenal dengan nama Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Kota Tual, Maluku. Salah satu misi utama RKB adalah mendekatkan UKM dengan dunia digital.

Direktur Bisnis Menengah Putrama Wahju Setyawan mengungkapkan RKB merupakan kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dengan fungsinya sebagai pusat informasi, edukasi, dan pengembangan digitalisasi, Rumah Kreatif BUMN diharapkan dapat menghasilkan Usaha Kecil dan Menengah yang berkualitas.


Sejauh ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah membangun 200 Rumah Kreatif BUMN (RKB) di mana 44 di antaranya dibangun oleh BNI dan salah satunya ada di Maluku Tenggara.

"Tidak hanya menghasilkan UKM yang berkualitas dan memiliki daya saing, RKB juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha UKM dengan dunia digital agar produk-produknya dapat dipasarkan melalui media internet," ujar Putrama dalam siaran persnya, Sabtu (20/1/2018).

BNI juga telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 2.093 debitur di Wilayah Makassar dan 162 debitur di Wilayah Maluku sepanjang tahun 2017. BNI juga mendukung usaha pariwisata di Hoat Tamngil, Ohoi Rumadian dengan memberikan angkutan wisata.

Artikel Selanjutnya

Dari Garut, Usaha Jaket Kulit Binaan BNI Ini Merambah Ekspor


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading