CNBC Indonesia Awards 2021

Ridwan Kamil, Visi Memenangkan Investasi

Profil - Arif Gunawan & Tri Putra, CNBC Indonesia
15 December 2021 09:15
Ridwan kamil Foto: Akun Instagram Ridwan Kamil

Jakarta, CNBC Indonesia - Di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil atau biasa disapa akrab disapa Kang Emil, Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil mempertahankan prestasi tahun ini yakni menarik investasi tertinggi di Tanah Air.

Lewat tangan dingin Kang Emil, Jabar tak hanya berhasil mempertahankan daya tariknya di mata investor, melainkan juga menjadi provinsi yang terdepan dalam hal penanganan pandemi, pemulihan ekonomi, dan pelayanan digital.

Dalam hal pandemi, dedikasi Kang Emil sangat terasa untuk Jabar. Saat Indonesia dilanda gelombang kedua Covid-19 pada awal Juni hingga September lalu, kasus infeksi di Jabar memang turu meningkat. Namun, situasi itu biasa diatasi dengan cepat.

Kala itu pada 30 Agustus 2021, Jabar mencatatkan kasus harian Covid-19 mencapai 506 dalam sehari. Situasi memburuk sehingga infeksi harian sempat menembus angka 1.127 dan 1.255 pada 31 Agustus-1 September.

Namun selang tak berapa lama, kasus infeksi Covid-19 harian di Jabar terus mengalami penurunan. Hanya dalam kurun waktu 1 bulan kasus harian bisa diturunkan dari 1.000 menjadi 100. Penurunannya mencapai 10 kali lipat.

Bahkan sejak pertengahan Oktober, kasus harian sudah turun di bawah 100. Hal ini menunjukkan sigapnya pemerintah provinsi Jabar menghadapi tantangan dan perubahan situasi pandemi yang mendadak. Kesuksesan strategi Kang Emil dalam 'menjinakkan' Covid-19 di Jabar membuat ekonomi provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia tersebut pulih dengan cepat.

Sebelum gelombang kedua Covid-19 melanda, ekonomi Jabar tumbuh 6,13% (tahunan) pada kuartal II-2021. Saat wabah mematikan tersebut kembali menyerang, ekonomi Jabar masih mampu tumbuh 3,43% yoy pada kuartal III-2021.

Capaian tersebut termasuk sebuah prestasi mengingat kontribusi PDRB Jabar terhadap PDB nasional hampir mencapai 13%. Ditambah lagi pertumbuhan ekonomi Jabar yang di atas rata-rata lima provinsi terbesar dengan kontribusi 58% terhadap PDB yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Utara yang rata-rata hanya tumbuh 3,29% (tahunan).

Tidak hanya soal formulasi strategi untuk mendorong pemulihan ekonomi di kala pandemi, Kang Emil juga memanfaatkan momentum ini untuk melakukan terobosan terutama dalam hal ekonomi digital. Di bidang ekonomi digital, Jabar sampai mendapatkan penghargaan BI Award sebagai Provinsi terbaik dalam peluang perluasan layanan sistem pembayaran digital melalui QRIS.

Pandemi Diatasi, Muncul Gebrakan Investasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading