Wawancara Khusus Sri Mulyani

Berkarier atau Jadi Ibu Rumah Tangga? Ini Pesan Sri Mulyani

Profil - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
21 April 2019 17:03
Berkarier atau Jadi Ibu Rumah Tangga? Ini Pesan Sri Mulyani
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdebatan tentang menjadi ibu rumah tangga atau menjadi ibu bekerja seakan tidak ada habisnya. Buat ibu-ibu yang hobi ribut perkara tersebut, coba simak pesan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dalam wawancara khusus bersama CNBC Indonesia di kantornya, Kamis (18/4/2019), Sri Mulyani mengatakan menjadi seorang ibu adalah fitrah kaum perempuan.

"You have to take that job seriously, saat jadi seorang ibu.
Kalau nanti hamil harus punya kapasitas untuk jadi role model bagi anaknya, karena ibu adalah panutan pertama untuk anaknya," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Perempuan bisa menjadi apa saja dan harus bisa menjalankan perannya sebagai ibu.


Foto: Wawancara Khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Courtesy CNBC Indonesia TV)

Sri Mulyani mengatakan sebenarnya hidup yang dijalani oleh perempuan sama, punya anak, punya suami, dan bekerja. Ia yakin perempuan bisa mengerjakan semuanya dengan baik, tidak perlu dibatas-batasi.

Ia melihat sosok ibunya sebagai contoh, di mana sang ibu harus menjadi istri, ibu, dan juga mengejar cita-citanya sambil sibuk sekolah bolak-balik ke luar kota.


"Dia itu benar-benar contohnya, bukan hanya inspirasi saja. Semua pasti bisa."

Begitu juga dengan dirinya, meski ia sibuk menjadi menteri keuangan dan mengurus uang negara berjumlah ribuan triliun rupiah. Begitu di rumah, ia hanya perempuan biasa yang hobi memasak, bersih-bersih, yang menurutnya malah bisa membantunya relaksasi.

Sebagai ibu, ia menegaskan bahwa koneksi pertama seorang anak adalah ibunya. Untuk itu, perempuan harus memperhatikan dan menjalani hidupnya sebagai panutan sang anak dengan sebaik-baiknya, apapun pilihannya.

"Profesi di luar itu juga dilakukan dengan baik. Percaya diri bahwa semua yang Anda lakukan itu baik, tidak hanya untuk diri sendiri. Anda juga melakukan keluarga dan misi sosial untuk menciptakan lingkungan yang lebih adil, inklusif, dan lebih egaliterian untuk masyarakat dan bangsa," tegasnya.

Simak curhatan Sri Mulyani soal bekerja di dunia laki-laki.
[Gambas:Video CNBC] (tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading