Prabowo Bertemu Menhan China, Bahas Laut China Selatan?

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
08 September 2020 16:58
Menteri Pertahanan Republik Indonesia H. Prabowo Subianto saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok H. E. Wei Fenghe ketika menyaksikan upacara parade dan defile dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-75 Kemenangan Rusia. Dok: Twitter Kemhan RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan China Wei Fenghe akan menemui Menteri Pertahanan Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Kunjungan Wei Fenghe hanya berselisih sehari usai mengunjungi Malaysia. Demikian laporan SCMP seperti dilansir CNBC Indonesia hari ini.

SCMP menulis kunjungan Wei Fenghe merupakan bagian dari usaha Beijing mengimbangi pengaruh AS di Asia-Pasifik, terutama di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan. Kunjungan itu pun dilakukan sebelum serangkaian pertemuan virtual pejabat setingkat menteri ASEAN yang dijadwalkan pada Rabu (9/9/2020) hingga Sabtu (12/9/2020). Menlu AS Mike Pompeo dijadwalkan hadir dalam pertemuan itu.

Meskipun Indonesia bukan negara yang terlibat langsung dalam sengketa di Laut China Selatan, namun sebuah insiden pernah terjadi beberapa waktu lalu. Saat itu, kapal perang RI bersitegang dengan kapal penjaga pantai China di kawasan Natuna yang terletak tidak jauh dari Laut China Selatan.



Namun di tengah pandemi Covid-19, Indonesia menjalin kerja sama erat dengan China. Buktinya adalah Indonesia berkolaborasi dalam pengadaan vaksin dengan Negeri Tirai Bambu via kerja sama PT Bio Farma Tbk dan Sinovac.

SCMP menulis pertemuan antara Wei Fenghe dan Prabowo akan berlangsung di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, pukul 16.00 WIB. Demikian dikonfirmasi oleh Juru Bicara Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak.

Kepada CNBC Indonesia, Dahnil mengatakan kunjungan Menhan China merupakan kunjungan kehormatan balasan setelah tahun lalu Menhan Prabowo berkunjung ke China.

Saat ditanya apakah pertemuan itu akan spesifik membahas Laut China Selatan, Dahnil menjawab, "Kunjungan kehormatan saja, bicara masalah-masalah kerja sama bilateral bidang pertahanan antar kedua negara."

Kemarin, Wei menyampaikan kepada PM Malaysia Muhyiddin Yassin bahwa China siap bekerja sama dengan negara-negara ASEAN, termasuk Malaysia, untuk menjaga perdamaian di Laut China Selatan. Mengutip Xinhua, Wei Fenghe bilang stabilitas di Laut China Selatan merupakan tanggung jawab bersama antara China dan Malaysia.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prabowo Bertemu Menhan China di Rusia, Mau Kerja Sama?


(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading