Internasional

AS, Meksiko, & Kanada Teken Pakta Perdagangan Akhir November

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
09 November 2018 12:24
AS, Meksiko, & Kanada Teken Pakta Perdagangan Akhir November Foto: Bendera Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko saling bersebelahan di Detroit, Michigan, AS, 29 Agustus 2018. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo
Meksiko, CNBC Indonesia - Para menteri kabinet dari Amerika Serikat (AS), Meksiko, danĀ Kanada akan menandatangani perjanjian perdagangan baru pada 30 November, kata menteri ekonomi Meksiko, Kamis (9/11/2018).

Kesepakatan itu akan ditandatangani di Buenos Aires, Argentina, kata Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo kepada wartawan di sebuah acara di Mexico City. Argentina menjadi tuan rumah forum internasional G20 bagi pemerintah dan gubernur bank sentral.



Melansir Reuters, belum ditentukan apakah para presiden dan perdana menteri akan berpartisipasi dalam penandatanganan itu, kata Guajardo.


"Yang jelas adalah penandatanganan akan dilakukan pada 30 November," kata Guajardo.

Setelah lebih dari setahun menjalankan negosiasi untuk mengubah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), Amerika Serikat dan Kanada mencapai kesepakatan di detik-detik terakhir pada September. Meksiko dan Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan bilateral lebih dulu.

Para legislator dari ketiga negara masih harus menyetujui pakta itu, yang secara resmi dikenal dengan nama Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA), sebelum dapat diberlakukan.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading