Wow! Kantongi Miliaran Sebulan, Ini Daftar Gaji Direksi BUMN

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
23 September 2019 12:23
Jangan salah dalam satu bulan, penghasilan yang didapat para direksi BUMN tersebut bisa mencapai miliar rupiah dalam sebulan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dibalik kinerja laba moncer perusahaan plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI, para direksinya juga menerima imbalan dalam bentuk gaji, tunjangan dan bonus yang fantastis. Jangan salah dalam satu bulan, penghasilan yang didapat para direksi BUMN tersebut bisa mencapai miliar rupiah dalam sebulan.

Tim Riset CNBC Indonesia mencoba merangkum jumlah gaji, tunjangan, insentif atau keuntungan moneter lainnya yang dikantongi oleh para dewan direksi di perusahaan milik negara alias BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Melansir 13 laporan keuangan BUMN yang menjadi emiten di BEI, direksi BUMN perbankan menduduki posisi teratas dengan remunerasi per bulan untuk rata-rata 1 orang direksi hampir Rp 6 miliar. Tentu angka tersebut boleh dibilang sangat fantastis.

Sebagai informasi nilai remunerasi merupakan total perolehan gaji dan tunjangan, tantiem dan bonus, serta imbalan kerja jangka panjang. Kemudian, nilai rata-rata remunerasi dihitung dengan membagi total remunerasi sesuai jumlah dewan direksi, dan dibagi dalam rentang waktu 6 bulan. 


Dari grafik di atas terlihat bahwa PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatatkan total beban remunerasi atas 12 orang dewan direksi mencapai Rp 428,37 miliar.

Alhasil, jika dihitung rata-rata per orang, maka tiap bulan satu dewan direksi mampu mengantongi manfaat moneter mencapai Rp 5,95 miliar.


Perolehan rerata remunerasi tertinggi selanjutnya dipegang oleh dewan direksi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dengan nilai masing-masing per bulan/orang yakni Rp 5,07 miliar dan Rp 4,23 miliar.

Lebih lanjut, bahkan perolehan manfaat moneter terkecil saja mencapai ratusan juta rupiah, dimana mayoritas dicatatkan oleh perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur, seperti PT PP Tbk (PTPP), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR).

Dalam sebulan, direksi PTPP mengantongi remunerasi sebesar Rp 185,5 juta. Sedangkan untuk direksi ADHI dan SMBR masing-masing membukukan beban remunerasi per orang tiap bulan senilai Rp 210,07 juta dan Rp 263,72 juta.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading