Testimoni Powell Masih Ampuh, Bursa Tokyo Dibuka Menguat

Market - Redaksi, CNBC Indonesia
12 July 2019 07:33
Testimoni Powell Masih Ampuh, Bursa Tokyo Dibuka Menguat
Tokyo, CNBC Indonesia - Bursa Tokyo dibuka di teritori positif pada perdagangan Jumat (12/7/2019). Pergerakan bursa Negeri Sakura mengekor reli di Wall Street seiring kans Bank Sentral AS menurunkan suku bunga acuan (Fed Funds Rate/FFR) akhir bulan ini.

Indeks Acuan Nikkei 225 naik 0,12% atau 25,04 poin ke level 21.668,57. Sedangkan indeks Topix naik 0,03% atau 0,52 poin ke level 1.579,15.

Gubernur The Fed Jerome Powell memberi sinyal kuat bahwa The Fed akan memangkas FFR. Hal itu dikatakannya saat menghadiri rapat kerja dengan Komite Jasa Keuangan DPR AS di Washington DC, Rabu (10/7/2019) waktu setempat. Dalam kesempatan itu, Powell



Langkah itu sejalan dengan janji Powell bahwa The Fed akan bertindak sesuai dalam merespons dinamika perekonomian Negeri Paman Sam maupun global. Di mana saat ini ekspansi ekonomi AS terancam oleh perang dagang dan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia.



Dalam rapat kerja, Powell mengakui data ekonomi terbaru AS berupa penciptaan lapangan kerja memang positif. Namun, data ekonomi lain di dunia tergolong mengecewakan.

"Itu terlihat di seluruh Eropa dan di Asia dan itu terus membebani. Manufaktur, perdagangan, dan investasi lemah. Kami telah sepakat untuk memulai lagi negosiasi dagang dengan China dan itu adalah langkah konstruktif. Tapi itu tidak menghilangkan ketidakpastian," ujar Powell dilansir Reuters, Kamis (11/7/2019).

Tahun lalu, The Fed menaikkan suku bunga acuan sebanyak empat kali. Sejak Desember, Bank Sentral AS telah mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran antara 2,25% hingga 2,50%. Saat ini, pasar mengharapkan ada pemangkasan suku bunga acuan sebesar seperempat persen saat rapat The Fed 31 Juli mendatang.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading