Newsletter

Siap-siap, Banyak Sentimen Banjiri Pasar

Market - Hidayat Setiaji & Raditya Hanung & Anthony Kevin, CNBC Indonesia
19 November 2018 06:24
Pekan lalu menjadi periode yang indah bagi pasar keuangan Indonesia. Bagaimana dengan awal pekan ini?
Kelima adalah perkembangan kasus pembunuhan Jamal Khasshogi. Badan Intelijen AS (CIA) menyebutkan ada kemungkinan kasus ini melibatkan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman.  

Menurut Presiden Trump, laporan ini terlalu awal tetapi bisa saja benar. "Asesmen ini masih sangat prematur, tetapi mungkin saja." ujarnya, mengutip Reuters. 

Perkembangan ini bisa membuat hubungan Washington-Riyadh memburuk. Bahkan bukan tidak mungkin AS akan menerapkan sanksi bagi Negeri Padang Pasir, seperti blokade ekspor minyak. 


Kalau sampai AS melarang Arab Saudi mengekspor minyak, maka pasokan di pasar dunia dipastikan anjlok. Pasalnya, Arab Saudi adalah pemimpin de facto di Organisasi Negara-negara Eksportir Minyak (OPEC) dengan produksi mencapai 9,96 juta barel/hari.
 
Meski kemungkinan ke arah sana masih belum terlihat, tetapi segalanya bisa terjadi. Kalau sampai terjadi, maka harga minyak akan melonjak karena minimnya pasokan. 

Keenam, kali ini dari dalam negeri, adalah investor patut waspada terhadap risiko ambil untung alias profit taking. Perlu dicatat bahwa sejak awal November IHSG sudah melesat 3,02%. Sementara rupiah menguat tajam 3,42% di hadapan dolar AS dan yield obligasi pemerintah tenor 10 tahun anjlok 45 bps. 

Angka-angka ini bisa jadi menarik minat investor untuk mencairkan laba karena keuntungan yang didapat sudah lumayan tinggi. Oleh karena itu, bayangan profit taking selalu akan bersama dengan IHSG, rupiah, dan obligasi pemerintah. ketika investor ramai-ramai mencairkan cuan, maka ketiganya bisa mengalami tekanan hebat. 

Cukup banyak sentimen yang perlu diperhatikan pelaku pasar hari ini. Memang baru awal pekan, tetapi sepertinya mata dan telinga sudah harus bekerja keras.

(BERLANJUT KE HALAMAN 6)

Simak Agenda dan Data Berikut Ini
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5 6
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading