Tembus 100 Juta Pengikut, Youtuber Terkaya Ini Dapat 'Hadiah'

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
11 September 2019 17:43
Tembus 100 Juta Pengikut, Youtuber Terkaya Ini Dapat 'Hadiah' Foto: foto/Youtuber termahal 9/Youtube
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menjadi YouTuber terkaya nomor 1 di dunia, kali ini Felix Arvid Ulf Kjellberg atau PewDiePie mendapatkan penghargaan tertinggi dari YouTube, yaitu Red Diamond Creator Award.

Red Diamond Creator Award sendiri akan diberikan kepada para YouTuber yang mencapai 100 juta subscriber. YouTube meluncurkan Creator Award terbaru mereka ini pada 6 September, khusus untuk kanal PewDiePie dan mantan musuh bebuyutannya, kanal T-Series, karena telah melampaui 100 juta subscriber. Kanal PewDiePie sekarang sudah mencapai 101 juta subscriber.




"Rekor 100 juta subscriber telah dilampaui, dan itu berarti kami memiliki penghargaan kreator baru! Memperkenalkan: The Red Diamond Creator Award, dinamai berdasarkan salah satu warna berlian yang paling langka. @Series dan @Pewdiepie, periksa suratnya!" cuit YouTube lewat Twitter pada Jumat (6/9) lalu. 

Setelah mendapatkan kiriman Red Diamond Creator Award, empat hari kemudian YouTuber asal Swedia itu membuat sebuah video unboxing penghargaan itu dengan cukup emosional. Dalam videonya, Felix mengenang karier awalnya di YouTube, mengingatkan bahwa ia hampir berhenti mengunggah video selamanya agar dapat fokus berkuliah.

"Sembilan tahun yang lalu, saya mengunggah video pertama saya di YouTube. Video itu viral dan ditonton jutaan kali... tapi bohong. Video pertama saya itu hanya ditonton 4 kali. Video itu memang tidak original, tapi saya menyukainya. Waktu saya mendapatkan 100 subscriber, saya bangga bukan main, dan itu keinginan saya," ujarnya.

"Saya telah menemukan apa yang sebenarnya saya sukai, dan saya tidak siap untuk membiarkannya begitu saja. Saya tahu karier di YouTube sangat jauh tapi selalu ada di benak saya, bahwa ada peluang kecil yang benar-benar bisa terjadi," lanjutnya.



Saat akan membuka kotak Red Diamond Creator Award, secara emosional Felix berterima kasih kepada orang-orang yang sudah membantu menaikan karirnya, para subscriber yang setia dengan karya-karyanya, dan juga YouTube itu sendiri.

"Saya sebenarnya adalah introvert, tapi YouTube membuka diri saya. Terima kasih, YouTube. Di mana aku akan tanpamu?" ungkapnya.

Bukan itu saja, Felix juga menerima surat dari CEO YouTube, Susan Wojcicki, yang memberi selamat atas pernikahannya yang baru-baru ini dengan Marzia Bisognin setelah delapan tahun berkencan.

YouTuber juga mengumumkan bahwa mereka akan merayakan tonggak sejarah besar dengan menyumbangkan US$ 50.000 untuk Anti-Defamation League, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk memerangi anti-Semitisme dan melindungi masyarakat dari ancaman ekstremis dalam segala jenis.

Sebelumnya, saluran YouTube PewDiePie sendiri telah menerima lebih dari 13 miliar tayangan video dan ia dinobatkan sebagai "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" oleh majalah Time. Felix lahir pada 24 Oktober 1989 di Gothenburg, Swedia, dan lulus dari universitas dengan gelar di bidang Ekonomi Industri dan Manajemen Teknologi.

Selain itu, menjadi YouTuber terkaya nomor 1 di dunia, Felix dikabarkan menerima £ 6,5 juta atau setara dengan Rp 102 miliar setiap bulan. Artinya setiap tahun Felix mendapat £ 78,9 juta atau lebih dari Rp 1,350 triliun.


[Gambas:Video CNBC]



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading