Fans K-pop Rela Habiskan Ratusan Juta Rupiah demi Sang Idola!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 December 2018 06:50
Fans K-pop Rela Habiskan Ratusan Juta Rupiah demi Sang Idola!
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir penggemar Korean pop atau K-pop di tanah Air terus bertambah. Musik K-pop telah masuk ke Indonesia sekitar tahun 2009 dan berhasil populer berkat media sosial dan teknologi internet.

Fenomena yang terjadi ini kemudian membuat menjamurnya fans K-pop di Indonesia. Mereka pun tak segan melakukan berbagai cara demi mewujudkan mimpi, yakni bertemu sang idola.



Banyak di antara mereka yang siap menghabiskan banyak uang demi menonton konser idola di berbagai negara atau bahkan bolak-balik ke Korea Selatan.


Ini pula yang diakui Ridha, seorang karyawati perusahaan swasta yang menyukai K-pop sejak tahun 2012. Dia mengaku menyukai K-pop karena terpengaruh temannya dan menyukai EXO pada saat mulai mengenal musik populer Negeri Ginseng itu.

"Sukanya itu dari 2012 dan itu dari teman. [Musiknya] kaya nyangkut dan jadi senang. Ternyata K-pop mendunia. Kalau dulu pertama dari Boys Before Flower hanya sekadar nonton dan sejak 2013 itu [suka] EXO," kata Ridha kepada CNBC Indonesia, dikutip Minggu (16/12/2018).

Fans K-pop Rela Habiskan Ratusan Juta Rupiah demi IdolaFoto: Super Junior di HUT Transmedia ke-17 (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Tak tanggung-tanggung, karena mencintai K-pop, hampir tiga kali setahun Ridha pun ke Korea meskipun tujuannya tak selalu untuk menonton konser tapi hanya berjalan-jalan. Bahkan dari K-pop, Ridha memiliki bisnis online yang menjual kosmetik Korea dan merchandise dari berbagai grup musik asal Korea serta melayani jasa titip barang-barang khas negara itu.

Hampir enam tahun menyukai K-pop, Ridha mengaku telah habis-habisan dalam menyiapkan budget demi idolanya. Ia bisa menyediakan dana sekitar puluhan juta. Namun, jumlah dana yang tergolong besar bagi sebagian orang ini bukan masalah berarti baginya karena kecintaan Ridha terhadap dunia K-pop lebih besar lagi.



"Setiap tahun saya bisa setidaknya tiga kali ke Korea dan juga terima jasa titip di toko saya yang menjual barang Korea juga. Kalau belanja merchandise paling habis sekitar Rp 6 juta," kata dia.

Berbeda dengan Ridha, Puti telah menyukai K-pop sejak tahun 2000, berawal karena ditayangkannya drama Korea di televisi Indonesia. Sejak munculnya Rain, aktor dari serial drama Full House, barulah dia menyukai grup musik Super Junior (Suju) dan 2NE1.

Tidak hanya dengan K-pop, Puti pun mulai penasaran dengan negara Korea Selatan dan hampir dua kali dalam setahun ia menyambangi Negeri Ginseng tersebut. Karyawati ini pun tak lupa membeli merchandise dan berbagai produk kecantikan Korea dalam setiap kunjungannya.

Fans K-pop Rela Habiskan Ratusan Juta Rupiah demi IdolaFoto: Super Junior di HUT Transmedia ke-17 (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
"Awalnya suka nonton Full House dan ada Rain konser pertama kali di 2009, baru suka musik Korea. Baru kedua kejar Suju. Mereka bikin konser di Malaysia dan aku nonton dan kalau ke Korea setahun sekali atau dua kali most likely," kata Puti.

Puti menceritakan untuk ke Korea dia selalu mencari tiket promo. Jika tiket sudah di tangan, dia langsung menyiapkan uang.

"Cari tiket promo. Lalau tiket di tangan, baru spare uang. Dan aku kira-kira sudah menghabiskan puluhan juta hanya untuk K-pop," kata dia.

Dari kisah Ridha dan Puti, adapula kisah menarik lainnya dari Rani. Ibu rumah tangga yang satu ini menyukai K-pop karena diperkenalkan oleh sang suami.

"Justru yang ngenali adalah suami. Biasa dari drama kaya Meteor Garden lalu suka download video musik Korea. Waktu itu Big Bang, CN Blue kok enak lagunya. Biasanya drama saja. Dari situ cari Big Bang di Youtube. Tahun itu 2006 internet belum seperti sekarang," kata dia.

Fans K-pop Rela Habiskan Ratusan Juta Rupiah demi IdolaFoto: Super Junior (REUTERS/Cathal Mcnaughton)

Karena penasaran dengan budaya dan industri hiburan di sana, Rani pun menyambangi Korea Selatan untuk kali pertama pada tahun 2007. Sedikitnya hampir setahun dua kali dia ke Korea baik untuk berlibur atau menonton konser.

"Waktu ke Korea pertama kali 2007 untuk liburan dan pengen tahu karena suka film drama Korea. Hampir setahun dua kali ke Korea, tahun 2019 juga mau nonton Winner nanti pas Januari," kata dia.

Untuk harga tiket, dia mengaku bahwa harganya sekitar 100 won atau Rp 1,5 juta untuk segala jenis kelas. Tidak lupa dia pun juga membeli merchandise senilai beberapa juta rupiah untuk koleksi pribadi.



Dia pun banyak berburu DVD, kaus, jaket, dan pulpen dari bintang-bintang favoritnya. Bila dihitung, pengeluaran Rani untuk K-pop telah mencapai ratusan juta rupiah.

"Aku buat urusan K-pop ada untuk DVD, nonton konser, marchandise [habis] almost Rp 100 juta bila dihitung-hitung. Dan ini adalah kesenangan aku," kata dia.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading