Jelang Weekend, Harga Emas Antam Diskon Ceban

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
23 December 2022 08:49
Emas Antam Foto: Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Kamis (22/12/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung turun Rp10.000/gram menjadi Rp1.004.000 per gram. Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga turun Rp10.000 per gram menjadi Rp904.000 per gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Pada perdagangan Kamis (22/12/2022), emas ditutup pada posisi US$ 1.792,57 per troy ons. Harga emas ambruk 1,2%. Pelemahan tersebut juga membuat emas terlempar lagi dari level psikologis US$ 1.800 per troy ons.

Analis Ross Norman mengatakan harga emas sangat volatile karena volume perdagangan emas tipis. Pelaku pasar juga sudah berada padamoodliburan sehingga lebih memilih wait and see.

"Pasar yang tipis membuat emas sangat rentan terhadap faktor penggerak sekecil apapun itu. Namun, emas diperkirakan masih mampu menguat menjelang akhir tahun," tutur Norman, dikutip dariReuters.

Faktor penggerak emas di antaranya adalah data klaim pengangguran Amerika Serikat (AS) serta melonjaknya kasus di China.

Klaim pengangguran di AS turun menjadi 221.750 pada pekan yang berakhir pada 17 Desember 2022, terendah dalam sebulan terakhir. Pelemahan klaim pengangguran mencerminkan masih kencangnya ekonomi AS dan bisa membuat bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) memperpanjang kebijakan moneter ketatnya.

Melonjaknya kasus di China juga membuat gerak emas menjadi berat karena permintaan sang logam mulia dikhawatirkan melandai.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Turun Seceng, Sekarang Rp 971 Ribu/Gram


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading