Emas Dunia Loyo, Harga Emas Antam Turun Seribu

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
08 November 2022 10:15
emas Foto: Ilustrasi Karyawan menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas, Sarinah, Jakarta Pusat. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Selasa (8/11/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung turun Rp1.000 menjadi di Rp950.000 per gram. Harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga turun Rp1.000 menjadi Rp846.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam terkoreksi pada awal pekan hari ini dipengaruhi oleh harga emas dunia yang bergerak turun. Pada perdagangan Senin (7/11/2022) harga emas di pasar spot tercatat US$1.674,8, turun 0,3%. 

Investor menanti data inflasi Amerika Serikat yang dapat mempengaruhi pandangan tentang kenaikan suku bunga acuan.

Meskipun emas dipandang sebagai lindung nilai inflasi, suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan.

"Jika mereka (The Fed) berhenti sejenak atau mereka mulai memperlambat kenaikan suku bunga ini, emas akan diuntungkan dan itulah yang kami lihat akhir pekan lalu ... orang-orang masuk sebelum data CPI," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Laporan indeks harga konsumen (CPI) AS akan dirilis pada hari Kamis. Pedagang sekarang memperkirakan peluang 67% dari kenaikan suku bunga 50 basis poin pada pertemuan Fed pada bulan Desember.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Cek Harga Emas Hari Ini: Akhir Bulan Mager


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading