Dear Investor, Yuk Dukung ESG Lewat Produk Reksa Dana Indeks

Investment - Advertorial, CNBC Indonesia
03 November 2022 00:00
adv_BMANDIRIMANAJEMENINVESTASI

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas investasi kini bukanlah hal yang asing di tengah masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan instrumen investasi untuk mencapai tujuan keuangannya. Ditambah lagi, dengan perkembangan teknologi dan informasi, kini berinvestasi pun semakin mudah.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor pasar modal Indonesia yang tercatat makin meningkat. Bukan cuma itu, jumlah instrumen investasi juga turut meningkat dan semakin beragam.

Selain saham, reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi di pasar modal yang dilirik investor. Berdasarkan data KSEI pada akhir September 2022, jumlah investor reksa dana telah mencapai 9.090.977.

Jumlah investor reksa dana yang dihitung berdasarkan jumlah Single Investor Identification (SID) yang tercatat di KSEI telah meningkat 32,9% pada 2022 dibandingkan jumlah pada akhir 2021 sebesar 6.840.234. Peningkatan tersebut secara konsisten terus berlangsung sejak lima tahun terakhir.

Selain mudah, investasi pada instrumen reksa dana pun memiliki banyak ragam yang dapat dipilih sesuai tujuan dan profil risiko masing-masing investor. Salah satu jenis reksa dana yang bisa menjadi pilihan yakni reksa dana indeks.

Reksa Dana Indeks dikelola untuk mendapatkan hasil yang mirip dengan suatu indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks obligasi maupun indeks saham. Dengan mengacu pada suatu indeks, reksa dana indeks menawarkan investasi yang transparan dengan biaya yang kompetitif.

"Ada berbagai reksa dana indeks yang bisa menjadi pilihan, salah satunya yang berbasis ESG Investing/Sustainable Investing. Reksa Dana Indeks ESG Investing/Sustainable Investing menjadi alternatif bagi investor untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang memperhatikan kriteria environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola) yang akan memberikan dampak positif pada dunia," jelas Direktur Utama PT Mandiri Manajemen Investasi Aliyahdin Saugi.

Prinsip ESG menjadi penting karena mengingat dunia tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan sehingga prinsip ini berperan untuk mendukung keberlanjutan kehidupan manusia serta mendorong tingkat kemakmuran.

Dengan adanya misi tersebut, PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) pun telah meluncurkan Mandiri Indeks FTSE Indonesia ESG pada bulan Mei 2022. Produk ini merupakan Reksa Dana Indeks pertama di Indonesia yang menggunakan indeks acuan FTSE Indonesia ESG.

Mandiri Indeks FTSE Indonesia ESG berinvestasi pada mayoritas saham-saham perusahaan publik di Indonesia yang terdapat di dalam Indeks FTSE Indonesia ESG. Di mana perusahaan-perusahaan tersebut telah melewati proses ESG Rating dengan lebih dari 300 indikator yang diolah dengan metode sistematis oleh FTSE Russell.

Berinvestasi melalui Reksa Dana Indeks Mandiri Indeks FTSE Indonesia ESG tentunya menawarkan berbagai keunggulan. Pertama, reksa dana ini memberikan imbal hasil investasi setara dengan Indeks FTSE Indonesia ESG yang memiliki kinerja sangat baik relatif terhadap indeks saham lainnya di Indonesia.

Keunggulan lain adalah memberikan akses bagi investor untuk berinvestasi dengan prinsip ESG. Dengan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang mengedepankan kriteria ESG, investor secara tidak langsung turut menjaga kelestarian bumi dan mendukung tata kelola perusahaan yang baik.

Terakhir yakni investasi yang transparan dengan biaya yang kompetitif. Sebab Reksa Dana Indeks memiliki biaya pengelolaan yang kompetitif serta keterbukaan informasi yang transparan. Informasi mengenai indeks FTSE Indonesia ESG dapat diakses secara langsung melalui website FTSE.

Sementara untuk profil investor, Reksa Dana Indeks Mandiri Indeks FTSE Indonesia ESG sangat sesuai bagi mereka yang memiliki horizon investasi jangka panjang dan memiliki profil risiko yang agresif.

Adapun reksa dana ini dapat dibeli mulai dari Rp 100.000. Untuk pembelian bisa langsung dilakukan melalui Aplikasi Moinves serta 5 Agen Penjual Reksa Dana Mandiri Investasi yaitu Mandiri Sekuritas, Ajaib, Bibit, IPOT, dan Tanamduit.

Disclaimer:

Investasi Melalui Reksa Dana Mengandung Risiko. Calon Pemodal Wajib Membaca dan Memahami Prospektus Sebelum Berinvestasi Di Reksa Dana. PT Mandiri Manajemen Investasi adalah perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading