Ada Pesta Diskon Emas di Pegadaian Nih!

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
01 September 2022 07:14
Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas di PT Pegadaian turun lagi. Harga emas Antam ukuran 1 gram kembali jatuh ke bawah Rp 1 juta.

Pada Kamis (1/9/2022), berikut daftar harga emas di Pegadaian selengkapnya:


Harga emas d Pegadaian dipengaruhi oleh dinamika harga emas dunia. Sepanjang bulan lalu harga emas dunia di pasar spot turun sekitar 3%. Ini menjadi koreksi bulanan selama lima bulan beruntun.

xauSumber: Refinitiv

Pengetatan kebijakan moneter di berbagai negara menekan harga emas. Bank sentral seakan berlomba-lomba menaikkan suku bunga setinggi mungkin untuk meredam lonjakan inflasi.

Di Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve/The Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga acuan 75 basis poin (bps) pada rapat 21 September. Mengutip CME FedWatch, peluangnya mencapai 68%.

Di Eropa pun demikian. Madis Muller, Pejabat European Central Bank/ECB, mengungkapkan kenaikan suku bunga acuan 75 bps adalah salah satu opsi dalam rapat September.

"Saya rasa kenaikan suku bunga acuan 75 bps dalam rapat September mendatang akan menjadi opsi jika inflasi tidak kunjung membaik. Saya akan mengikuti rapat dengan pikiran terbuka. Namun kita semestinya tidak terlalu terkekang dalam mengambil kebijakan karena inflasi sudah terlalu tinggi untuk terlalu lama," papar Muller, seperti dikutip dari Reuters.

Kenaikan suku bunga membuat emas jadi kurang menarik sebagai instrumen investasi. Sebab, emas tidak menawarkan imbal hasil (non-yielding asset) alias bunga, hanya menjanjikan capital gain saat jual-beli.

Ini membuat emas sulit bersaing dengan instrumen investasi lainnya yang menawarkan imbal hasil tinggi di tengah kenaikan suku bunga. So, tidak heran harga emas turun terus.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Emas Pegadaian Turun, Waktunya Koleksi Bun?


(aji/aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading