Dear Investor Muda, Jangan Jual-Beli Saham Berdasarkan Rumor

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
29 June 2022 10:00
Gedung Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (27/6/2022) menyebut jumlah investor pasar modal Indonesia sudah melampaui 9 juta dengan dominasi generasi milenial dan zilenial.

Praktisi Pasar Modal Lucky Bayu Purnomo mengatakan hal tersebut merupakan catatan positif namun juga tantangan, agar anak muda mau terus berinvestasi di pasar saham.

Lucky juga berharap anak muda yang kerap akan mendominasi pasar saham bisa memanfaatkan data yang disediakan BEI secara maksimal agar tidak melakukan jual-beli saham berdasarkan rumor.


Agar tidak salah langkah dalam berinvestasi saham, Lucky menyarankan agar anak muda melakukan pembelian dan penjualan saham berdasarkan fundamental perusahaan bukan rumor semata.

"Usahakan anak muda agar memajukan saham yang likuid dan dengan dana yang memang dialokasikan untuk investasi," jelas Lucky kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, agar nyaman berinvestasi, milenial maupun zelenial harus bisa melakukan money management dan tata kelola keuangan yang baik.

"Cara milenial mengelola uang itu perlu diatur jangan sampai mereka melakukan suatu fantasi, tabungan buat beli saham, pas saham turun kecewa. Pasalnya, kalau sampai mereka ini tidak kembali ke pasar saham, BEI yang akan merugi," tegas Lucky.

Oleh karena itu, penting untuk bisa membaca data, apalagi bursa juga menyajikan data yang justru bisa dikonfirmasi dibandingkan rumor yang tidak jelas kebenarannya.

"Investor muda ini juga harus tahu apa itu fungsi pasar modal dan segara macam istilahnya, itu tentu akan sangat berguna bagi mereka," kata Lucky.

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan, jumlah investor pasar modal telah meningkat lebih dari 1,57 juta single investor identification (SID) atau 21% dari tahun sebelumnya.

"Dari total jumlah investor pasar modal Indonesia tersebut, sebanyak 81,74% di antaranya, didominasi oleh investor muda," kata Inarno dalam keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

Inarno melanjutkan, jumlah investor saham juga mengalami peningkatan menjadi 3.988.341 SID per 24 Juni 2022 atau bertambah lebih dari 536 ribu SID atau 15,6% dari tahun sebelumnya.

Beberapa tonggak pencapaian di pasar modal Indonesia tersebut diraih berkat dukungan, kolaborasi, dan sinergi yang baik antara OJK, self-regulatory organization (SRO), serta seluruh stakeholders pasar modal Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading