Harga Emas Antam 29 Juni: Sulit ke Rp 1 Juta Gaes!

Investment - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
29 June 2022 09:35
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Melansir data dari situs resmi milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, harga emas batangan Logam Mulia tak berubah dari Rp 988.000 pada perdagangan Rabu (29/6/2022). Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) naik tipis Rp 1.000 per gram menjadi Rp 867.000/gram.

"Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," jelas keterangan di situs Antam.


Harga emas antam tidak bergerak saat harga emas dunia di pasar spot turun pada perdagangan kemarin. Pada Selasa (27/6/2022) harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.819,69/troy ons, turun 0,17% dibandingkan harga penutupan sebelumnya.

Meskipun emas adalah aset lindung nilai ketika inflasi melambung, tapi tekanan kebijakan moneter dari bank sentral menekan harga.

"Emas melemah karena aksi jual pasar obligasi berlanjut setelah melemahnya permintaan dari lelang obligasi pemerintah AS," Edward Moya, analis senior OANDA, mengatakan.

"Dalam jangka pendek, prospek emas beragam karena ada ketidakpastian besar musim panas ini, dengan kemungkinan Federal Reserve yang lebih agresif di satu sisi dan risiko resesi di sisi lain."

Kenaikan imbal hasil obligasi membuat emas dunia menjadi kurang menarik. Sebab biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil (non yielding asset) meningkat. Yield obligasi AS tenor 10 tahun tercatat 3,2%.

Sementara itu, Dollar Index (yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lain) menguat 0,55% ke posisi 104,5. Hal ini jadi sentimen negatif bagi emas yang di banderol dengan greenback sebab harga emas menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Investor saat ini fokus kepada bank sentral Eropa (ECB) yang menyatakan siap untuk mengerek suku bunganya dengan lebih cepat jika diperlukan dan inflasi terus meningkat, kendati ada kekhawatiran resesi.

Adapun, para pejabat bank sentral berkumpul di Portugal untuk konferensi tahunan mereka, dengan fokus pada lonjakan inflasi. Zona euro diperkirakan mencapai tingkat inflasi utama sebesar 6,8% pada tahun ini, jauh di atas target ECB sebesar 2%.

Kebijakan untuk menaikkan suku bunga menahan laju emas yang dicari sebagai lindung nilai. Sehingga harga emas masih akan tertekan.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Akhirnya! Harga Emas Antam Tembus di Atas Sejuta...


(aaf/aaf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading