Agar Perjalanan Mudik Aman & Nyaman? 7 Tips Ini Wajib Dicoba

Investment - Advertorial, CNBC Indonesia
27 April 2022 00:00
adv_rankpillar

Jakarta, CNBC Indonesia - Mudik adalah momen yang sangat dinantikan oleh para perantau, khususnya ketika menjelang hari raya. Supaya mudik lancar, persiapan tentu harus matang. Salah satu yang harus dipersiapkan sejak awal adalah anggaran perjalanan. Apabila bujet terbatas, Anda bisa memanfaatkan fasilitas cicilan dari PayLater Traveloka.

Anggaran perjalanan memang sangat penting. Bukan hanya untuk membeli tiket transportasi, tetapi juga untuk memesan akomodasi jika berencana transit sebelum tiba di tujuan. Anda juga perlu mempersiapkan bujet untuk makan selama dalam perjalanan. Nah, supaya perjalanan mudik kali ini lebih nyaman, simak ulasan ini.

1. Persiapkan Persyaratan Perjalanan


Pada masa pandemi, pemudik yang bepergian antarkota wajib mematuhi sejumlah aturan perjalanan. Anda perlu mengetahui aturan tersebut sebelum berangkat supaya dapat mempersiapkan diri dengan baik. Dengan demikian, perjalanan mudik bisa lebih lancar dan tanpa hambatan.

Pada momen mudik 2022, pemudik yang menggunakan transportasi umum wajib telah melakukan vaksin lengkap dan booster. Jika belum, pemudik harus menunjukkan bukti tes antigen atau PCR dengan hasil negatif. Untuk memudahkan pemeriksaan, pemudik bisa membuat eHAC melalui aplikasi PeduliLindungi.

2. Kondisi Tubuh Harus Fit

Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, wajar jika badan terasa kurang bertenaga karena asupan kalori yang terbatas. Namun, kondisi ini bukan alasan untuk enggan beraktivitas, termasuk menjaga kebugaran dengan berolahraga. Aktif bergerak akan membuat tubuh terasa lebih fit karena peredaran darah lancar.

Sebagai persiapan sebelum mudik, Anda perlu memiliki tubuh yang fit. Melakukan perjalanan dengan badan yang sehat tentu lebih nyaman dan menyenangkan, bukan? Bukan hanya itu, daya tahan tubuh yang bagus akan membantu Anda lebih terlindungi dari penularan virus.

Jika diperlukan, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mudik. Hal ini penting terutama jika pemudik berada dalam kondisi kesehatan khusus, misalnya menderita penyakit tertentu atau berada dalam keadaan hamil. Apabila ada obat-obatan yang rutin dikonsumsi, persiapkan sejak awal.

3. Tentukan Rute Perjalanan

Baik mudik ke tempat yang dekat maupun jauh, sangat penting untuk menentukan rute perjalanan sebelum berangkat. Biasanya, ada jalur-jalur alternatif yang bisa dipilih supaya perjalanan lebih singkat dan nyaman. Nah, hal ini perlu dipertimbangkan sebelum berangkat.

Menentukan rute akan membuat Anda lebih mudah untuk menyusun itinerary perjalanan, apalagi jika jarak yang ditempuh lumayan jauh. Pertimbangkan apakah Anda harus berhenti di restoran tertentu atau rest area saat menggunakan kendaraan pribadi untuk makan dan beristirahat?

Begitu pula jika Anda perlu menginap di hotel atau jenis akomodasi lainnya. Anda bisa terlebih dahulu memesan kamar melalui aplikasi Traveloka supaya mudah. Bukan hanya dengan pembayaran langsung, Anda juga memiliki opsi untuk membayar transaksi dengan cicilan sehingga lebih ringan di kantong.

4. Cari Waktu Mudik yang Tepat

Tips mudik lain yang bisa diterapkan adalah dari segi pemilihan waktu. Jika tidak terikat pekerjaan, sebaiknya lakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan. Mudik lebih awal juga akan memberi Anda waktu lebih panjang untuk berkumpul bersama keluarga di rumah.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, pemilihan waktu keberangkatan juga perlu dipertimbangkan. Apakah Anda sebaiknya melakukan perjalanan pada malam hari dan berangkat setelah buka puasa? Atau Anda lebih memilih untuk melakukan perjalanan pada siang hari karena lebih aman?

5. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Sebisa mungkin beli tiket transportasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Alasannya supaya Anda tidak kehabisan tiket atau justru mendapatkan tiket dengan harga yang mahal. Sebelumnya, Anda bisa memantau langsung harga tiket melalui aplikasi Traveloka, bahkan mengaktifkan fitur notifikasi untuk mendapatkan informasi terkini.

Kendala yang kerap dialami pemudik adalah anggaran perjalanan yang belum tersedia. Untuk membayar tiket, Anda bisa memanfaatkan fitur PayLater dari Traveloka terlebih dahulu. Anda dapat melunasinya dengan cicilan per bulan.

6. Jangan Longgarkan Protokol Kesehatan

Meskipun kasus positif Covid-19 semakin menurun, jangan jadikan itu alasan untuk melonggarkan penerapan protokol kesehatan. Pasalnya, dalam perjalanan mudik, terutama dengan kendaraan umum, Anda kemungkinan bertemu dengan banyak orang. Potensi penularan virus pun akan semakin tinggi.

Protokol kesehatan yang utama adalah selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebisa mungkin lakukan hal ini demi melindungi diri sendiri dan orang lain selama dalam perjalanan, termasuk juga keluarga yang akan dituju.

7. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Jika hanya mudik sebentar, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak barang. Bawalah benda-benda yang paling dibutuhkan sehingga barang bawaan lebih ringkas. Hal ini khususnya berlaku jika Anda melakukan perjalanan dengan transportasi umum dan tidak ada fasilitas bagasi.

Oleh karena itu, lakukan packing barang dengan cermat sebelum berangkat. Buatlah daftar barang yang harus dibawa supaya tidak ada yang ketinggalan. Apabila masih terlalu banyak, sortir barang yang tidak terlalu diperlukan. Cara ini akan membantu Anda mempersiapkan bawaan dengan praktis sesuai kebutuhan.

Nah, inilah sekilas panduan mudik Lebaran yang bisa dicoba agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Bagi Anda yang sedang merencanakan atau melakukan persiapan mudik, semoga tips ini membantu. Selamat mudik!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Niko Luncurkan Black Series Dengan Pengaman Gas


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading