"Gurunya" Indra Kenz, Fakarich Terancam Penjara 5 Tahun Lebih

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
05 April 2022 16:44
Fakarich (Tangkapan layar ig fakarlch)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich, yang disebut sebagai perekrut Indra Kesuma alias Indra Kenz, ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan setidaknya hingga 20 hari mendatang.

Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan ancaman pidana saudara F adalah di atas lima tahun.

"Alasan dilakukan penahanan dengan pertimbangan alasan subjektif dan objektif. Subjektif dikhawatirkan akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti, objektif karena ancaman pidananya adalah di atas 5 tahun," jelas Gatot dalam Update Kasus Investasi Bodong Binomo & Isu Terkini, Selasa (5/4/2022).


Adapun tuduhan yang disangkakan kepada F sama dengan Indra Kenz, yaitu ITE dan TPPU, namun Gatot menjelaskan hal ini masih dalam pendalaman dari penyidik.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri, Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich diketahui sempat membuka kelas trading Binomo dengan uang pendaftaran sebesar Rp 5 juta.

"Modus operandi, saudara F, awal tahun 2019, dengan kontak melalui email dengan tersangka BEN untuk menjadi afiliator. Kemudian saudara F membuka kelas kursus berbayar untuk pelatihan trading binary option Binomo pada website fakartrading.com di bawah PT Fakar Edukasi Pratama dengan biaya pendaftaran Rp 5 juta," ujar Gatot.

Selain itu, saudara F juga membuat dan meng-upload video yang isinya mengajarkan trading Binomo di channel YouTube miliknya, lanjut Gatot.

Dalam website-nya, fakartrading.com menyebut bahwa "Kami Hadir untuk membantu Anda meraih Profit Konsisten 1-3% per hari. Tak peduli pemula, profesional, belum atau sudah pernah trading."

Melansir bio website tersebut, fakartrading.com adalah "sarana yang memfasilitasi kamu seputar dunia trading seperti Buku, Robot, Video, Kelas dan Seminar yang mampu memberikan kamu ilmu dan benefit yang sangat besar tentunya."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jadi Afiliator, Indra Kenz Ngaku Salah Atau Malah Bela Diri?


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading