Mau Cari Cuan dari Emas Pegadaian? Ini Contekannya...

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 March 2022 09:40
Masyarakat mengunjungi bazzar emas di kantor pusat pegadaian, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2019).

Setiap hari Jumat, Pegadaian selalu menyelenggarakan lelang emas. Biasanya, ada beberapa barang yang turut dilelang, seperti barang elektronik hingga kendaraan. 

Namun berdasarkan pantauan, yang paling dikerubungi adalah perhiasan emas dengan harga mencapai Rp 9 juta.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap ekonomi membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Pegadaian mencatat investasi masyarakat dalam bentuk emas mencapai 2,1 ton pada tahun lalu. Hingga kini, investasi tabungan emas sudah dimiliki 1,4 juta penabung. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas di PT Pegadaian bergerak naik pada perdagangan hari ini. Harga emas Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) pun sudah di atas Rp 1 juta/gram.

Pada Sabtu (5/3/2022), berikut perkembangan harga emas berbagai jenis yang dijual di Pegadaian:


Seperti halnya emas Antam, harga emas di Pegadaian juga mengikuti dinamika harga emas dunia. Sepanjang pekan ini, harga emas dunia di pasar spot membukukan kenaikan 4,37% secara point-to-point. Dalam sebulan terakhir, harga melejit 8,8%.

Sejak serangan Rusia ke Ukraina, pelaku pasar ramai-ramai memburu emas. Arus modal yang mengalir ke kontrak Exchange-Traded Funds (ETFs) emas sejak awal 2022 mencapai US$ 4,7 miliar. Tahun lalu, kontrak ETFs emas mengalami arus modal keluar (outflow) sebesar US$ 7,8 miliar.

goldSumber: Reuters

"Serangan Rusia ke Ukraina membuat pelaku pasar memasang mode panik. Investor melepas aset-aset berisiko dan menuju aset aman (safe-haven) seperti emas," kata Alexander Zumpfe, Dealer di Heraeus, seperti diberitakan Reuters.

Selain itu, lonjakan harga berbagai komoditas juga membuat risiko tekanan inflasi semakin terasa. Saat inflasi tinggi, emas adalah aset yang dicari.

Emas memang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset) tetapi memberikan proteksi terhadap gerusan inflasi. Sebab, pasokan emas terbatas sehingga harga tetap akan cenderung naik.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Stagnan, Tapi Nanti Bisa Naik!


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading