Dear Anak Muda! Ini 8 Saran Milenial Tua ke Generasi Z

Investment - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
28 June 2021 06:24
Milenial

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2021 ini tepat bagi para Generasi Y alias Generasi Milenial tua memasuki umur 40 tahun. Berdasarkan konsensus global, milenial adalah generasi yang lahir pada awal tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an, atau tahun 1981 hingga 1996 sebagaimana disebut dalam literatur buku Generations.

Sementara itu, generasi berikutnya adalah Gen Z, mereka yang lahir di tahun 1995 sampai dengan 2010, berusia 11-26 tahun. Mereka bisa disebut juga iGeneration atau generasi internet atau generasi net.

Maka itu tahun ini tepat bagi para milenial tua, kelahiran 1981 yang masuk usia paruh baya dan telah mengalami dua kali resesi ekonomi, yang berdampak pada pendidikan, karier, keuangan, rencana hidup, dan prospek pensiun mereka. Dua kali resesi yang dimaksud yakni 2008 dan 2018.


Sebab itu, CNBC Make It merilis hasil survei terhadap 1.000 orang dewasa AS berusia 33-40 tahun yang dilakukan CNBC bekerjasama dengan The Harris Poll.

Secara kesimpulan hasilnya, para milenial tua ini menilai mereka memilih jalur karier yang berbeda ketika mereka memulai karier pertama kalinya.

Namun data menunjukkan keputusan yang telah mereka buat di tahun-tahun sebelumnya juga membuat mereka semakin dekat dengan tujuan utama: mayoritas, 68%, puas dengan karier mereka sekarang.

Menurut survei ini, terlepas dari semua tantangan, sebagian besar dari milenial tua ini puas dengan kehidupan mereka yang berubah, karena waktu dan perspektif mereka ikut berubah.

Lantas bagaimana saran mereka ke Gen Z, berikut rangkuman yang ditulis CNBC Make It hasil wawancara dengan sembilan milenial tua.

1. Jangan Terburu-buru Fokus Kerja

Stephanie McCay, wanita 36 tahun asal Denver mengatakan penyesalan terbesarnya adalah tidak mengambil lebih banyak waktu dan risiko saat dia masih muda, seperti mencoba peruntungan untuk berkarier di kota New York setelah lulus kuliah.

Begitu lulus dari perguruan tinggi, Stephanie langsung direkrut untuk bekerja di sebuah firma arsitektur di dekat kota kelahirannya, menghabiskan 15 tahun terakhir membangun departemen komunikasi dan sekarang menjadi direktur.

Dia menyarankan lulusan baru meluangkan waktu mereka untuk menjelajahi pilihan mereka dan dunia jika memungkinkan.

"Jangan terburu-buru untuk tumbuh dewasa," kata McCay.

"Kita semua memiliki pola pikir 'lulus kuliah langsung dapat pekerjaan.' Kemudian ketika Anda sudah masuk dan mulai berpikir, 'Mengapa saya terburu-buru masuk dunia kerja?'"

Jika bisa kembali ke masa lalu, Stephanie berharap bisa mengambil lebih banyak waktu untuk bepergian sebelum terikat pada pekerjaan dengan waktu luang yang terbatas.

Untuk para lulusan baru yang sedang menimbang-nimbang untuk melakukannya, "jika ada kesempatan untuk bepergian atau menjadi sukarelawan selama setahun, ambillah."

NEXT: Cek Saran Lainnya Anak Muda

Tips buat Milenial, Berubah atau Bertambah Tua
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading