BNI Investime Week

Punya Saldo Rp 5 juta, Apa Harus Ganti Kartu ke Debit Chip?

Investment - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
06 April 2021 17:50
Dok BNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) menegaskan bagi nasabah yang memiliki rekening tabungan dengan nominal di bawah Rp 5 juta tidak harus mengganti kartu debit yang lama berbasis magnetic stripes ke debit chip.

"Diskusi dan survei, juga sedikit relaksasi. Setelah dilihat lagi banyak masyarakat dengan jumlah rekening sedikit. Kasihan mereka migrasi karena ada biaya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam BNI Investime Week yang diselenggarakan CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Bagi nasabah tersebut, menurutnya akan dirasa berat jika harus beralih ke kartu debit chip, sehingga bisa dipastikan pada akhir 2021, migrasi dari debit berbasis magnetic stripes menjadi debit chip jumlahnya tidak akan mencapai 100% untuk rekening di bawah Rp 5 juta.


"Karena ada pangsa masyarakat yang saldo rendah walau nanti ada keamanan di sisi magnetic stripes," tegasnya.

Tak hanya itu, BI juga menegaskan akan ada insentif bagi nasabah yang telah mengganti kartu debitnya menjadi berbasis chip, di antaranya adalah transaksi per hari akan dinaikkan jumlahnya.

"Maksimal transaksiĀ per hari Rp 15 juta. Kami optimistis di akhir tahun capai 100% untuk rekening di atas Rp 5 juta," katanya lagi.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menjadi salah satu bank yang gencar memberikan arahan untuk mengganti kartu debit berbasis chip. VP Consumer Funding, Product Management BNI, Rizwan Nazaruddin mencatat setiap bulanĀ ada 300.000 nasabah yang migrasi ke debit chip.

"Sekarang ini berkisar sampai Februari 2021 turun 250 ribu, mengingat outlet 40% plus minus, di masa pandemi ada yang tutup karena lock down," ujarnya.

BNI melalui layanan Self Service Opening Account (SONIC) BNI juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bisa mengganti kartu secara mandiri. Layanan ini bahkan tersedia 24 jam.

"Nasabah ragu-ragu yang tidak bisa berkunjung ke cabang karena tutup atau takut pandemi, sosial distance, boleh ke BNI SONIC yang akan menawarkan kartu debit chip selama 24 jam," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading