IHSG Sedang Suram, Investor Kudu Piye?

Investment - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
25 March 2021 15:55
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sedang suram. Sebagian investor ketar-ketir akan langkah mereka selanjutnya bahkan ada investor pesimistis dan kehilangan mencermati pergerakan IHSG.

Melihat fenomena itu Analis Teknikal Panin Sekuritas William Hartanto, mengatakan pada momen-momen seperti ini strategi buy on weakness ataupun averaging dapat dilakukan para investor. Hal ini dikarenakan harga saham tersebut yang terdiskon sehingga dapat dikoleksi dengan murah oleh para pelaku pasar.

"Ya jadi bisa melakukan strategi buy on weakness dimana harga saham juga lagi pada diskon dan IHSG lagi begini," ujarnya.


Namun ia juga mengingatkan bahwa para investor harus melihat juga support-support level yang aman dan menentukannya dengan membandingkan dengan harga yang dulu sulit ditembus oleh emiten itu.

Lebih lanjut, William juga mengeluarkan beberapa rekomendasinya terhadap emiten-emiten apa saja yang menurut analisa teknikalnya dapat menjadi peluang keuntungan dengan strategi buy on weakness ini. Ia melihat perusahaan yang berbasis di kelapa sawit atau CPO diprediksi akan menjadi menarik.

"Kalau dari kita sih masih memilih sektor commodity khususnya CPO ya karena melihat dari harga CPO yang naiknya tinggi sekali jadi kita melihat ini bisa sebagai sentimen yang mempengaruhi harga sahamnya."

Produksi CPO sendiri diproyeksikan menyusut antara 20% - 25% dalam lima sampai 10 tahun terutama dikarenakan oleh siklus cuaca, kebijakan perdagangan China dan pandemi Covid-19. Hal ini membuat harga CPO lari menanjak terus hingga mencapai rekornya pada 10 tahun terakhir.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Geger Ekspansi Tesla, Apa Sih Pengaruhnya ke Pasar Saham RI?


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading