Wahai Ibu-Ibu, Lumayan Nih Emas Antam Cuan Sepersen

Investment - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
07 November 2020 14:20
Ilustrasi emas (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia yang kembali melesat membuat harga logam mulia emas Aneka Tambang (Antam) juga ikut terkerek naik. Harga emas Antam minggu ini sudah balik lagi ke level Rp 1 juta per gramnya. 

Untuk produk emas Antam 1 gram, harganya dibanderol di Rp 1.009.000 kemarin (6/11/2020). Namun hari ini harga emas Antam turun Rp 5.000 menjadi Rp 1.004.000/gram. 


Tenang, meski turun emas Antam masih memberikan cuan sebesar 1,01% minggu ini. Sementara untuk emas dunia di arena pasar spot mencatatkan kenaikan harga sebesar 2,98% pada periode 2-6 November 2020. 

Kenaikan harga emas dunia dipicu oleh anjloknya dolar AS. Risiko ketidakpastian yang datang dari pemilihan presiden di AS juga membuat minat terhadap aset safe haven terdongkrak. 

Hasil penghitungan suara sementara menunjukkan Biden unggul dengan 264 suara elektoral sedangkan Trump hanya meraup 214 suara elektoral saja. Biden hanya butuh enam suara elektoral lagi untuk melangkah ke Gedung Putih.

Namun tampaknya Trump tak bisa menerima kemungkinan dirinya kalah. Intrik pun terjadi. Trump berupaya untuk menghentikan penghitungan suara di beberapa negara bagian dan di wilayah lain ia meminta penghitungan dilakukan ulang.

Trump juga berupaya untuk mempersengketakan hasil penghitungan suara ke jalur hukum. Pemilu AS tahun ini memang memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Selain karena mekanisme yang berbeda akibat pandemi Covid-19 juga dinamika yang terjadi.

Pasar tampaknya semakin beradaptasi dengan kemungkinan Biden yang akan menjadi presiden AS ke-46 sampai 2024. Tak hanya itu Demokrat juga masih akan mengusai DPR sementara Senat dipegang Republik.

Greg Harmon pendiri Dragonfly Capital, dalam sebuah wawancara dengan Kitco mengatakan bahwa bahkan jika Partai Republik mengendalikan Senat, Biden sebagai presiden mungkin akan tetap mendorong kebijakan ke arah lebih banyak stimulus daripada mengurangi. Pertanyaan yang dia tambahkan adalah apakah itu akan cukup.

Namun menurutnya ini lebih dari sekedar pertanyaan tentang stimulus. Lanskap politik AS memasuki wilayah belum dipetakan. Bahkan setelah semua suara dihitung, banyak ekonom dan pakar politik mengharapkan periode ketidakpastian yang berkepanjangan karena ada potensi penghitungan ualang suara dan tuntutan hukum diajukan.

Analis komoditas mengatakan ini juga bagus untuk emas sebagai aset safe-haven selain stimulus yang masif baik dari kebijakan fiskal yang ekspansif maupun moneter yang ultra-longgar.

Dari dalam negeri sentimen dipengaruhi oleh rilis data ekonomi nasional oleh BPS. Lembaga statistik negara itu mengumumkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia kuartal ketiga mengalami kontraksi 3,49% (yoy).

Kontraksi dua kuartal berturut-turut sah membuat Indonesia jatuh ke resesi. Di kuartal empat pemerintah memperkirakan ekonomi Indonesia masih tumbuh negatif di angka minus 0,6% sampai minus 1,7% dibanding periode yang sama tahun 2019.

Kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19 baik secara global maupun domestik membuat permintaan terhadap aset-aset minim risiko menjadi tinggi dan membuat harganya terbang. Sebagai informasi, harga emas Antam telah naik 40,8% sepanjang tahun ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading