November Ada Vaksin Corona, Begini Nasib Emas Antam Ibu-ibu

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
15 October 2020 12:47
emas

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Antam sedang naik turun belakangan ini, tetapi jika dilihat lebih ke belakangan sebenarnya logam mulia ini dalam tren menurun.

Emas Antam menyentuh rekor termahal sepanjang sejarah Rp 1.065.000/batang untuk satuan 1 gram pada 7 Agustus lalu, setelahnya perlahan bergerak menurun.

Pada hari ini, Kamis (15/10/2020) emas Antam satuan 1 gram dibanderol Rp 1.009.000/batang, naik 0,2% setelah mengalami penurunan dalam 3 hari beruntun, berdasarkan data dari logammulia.com.


Berbicara mengenai emas Antam, salah satu penentu utama harganya tentu saja harga emas dunia. Saat emas Antam mencetak rekor termahal sepanjang sejarah, pemicunya adalah emas dunia yang mencapai rekor tertinggi sepanjang masa US$ 2072,49/troy ons.

Setelahnya harga emas dunia berada dalam tren penurunan yang diikuti oleh emas Antam.

Nah, salah satu faktor utama yang memicu kenaikan harga emas dunia adalah pandemi penyakit virus corona (Covid-19) yang membawa perekonomian global ke jurang resesi.

Kini harapan akan berakhirnya pandemi Covid-19 sedang membuncah setelah pemerintah berencana memulai vaksinasi di bulan depan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) optimistis vaksinasi akan dimulai pada November 2020 dengan menggunakan tiga vaksin cari China.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto vaksin Sinovac, CanSino, dan G42/Sinopharm sudah selesai uji klinis fase 3 di beberapa negara dan telah mendapatkan izin emergency use (penggunaan darurat) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) China.

Khusus vaksin CanSino uji klnis akan selesai September 2020 dan sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Pemerintah China dan Kanada. Vaksin ini juga sudah disuntik ke tentara China dan petugas kesehatan.

Lantas bagaimana nasib emas Antam jika vaksinasi benar dilakukan bulan November nanti?

Harga emas Antam sudah pasti akan terpengaruh, sebab selain emas dunia, harga emas Antam juga ditentukan kurs rupiah serta supply-demand.

Jika vaksinasi dilakukan bulan November nanti, maka ada peluang kurs rupiah akan menguat melawan dolar AS.

Dengan asumsi harga emas dunia tidak berubah, maka harga emas Antam kemungkinan akan turun. Sebab, emas dunia dibanderol dengan dolar AS, ketika Mata Uang Garuda menguat maka emas dunia akan menjadi lebih murah saat dikonversi ke rupiah.

Berarti harga emas Antam akan turun? Tidak juga, sebab tetap pergerakan harga emas dunia yang paling akan mempengaruhi harga emas Antam. Seandainya emas dunia terbang tinggi, harga emas Antam juga pasti ikut melesat meski kurs rupiah mampu menguat.

Begini Proyeksi Harga Emas Dunia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading