Dear Milenials! Ada loh Reksa Dana Beli Online Rp 10.000/unit

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
27 November 2019 19:22
Dear Milenials! Ada loh Reksa Dana Beli Online Rp 10.000/unit Foto: Market - Bidik Investor Milenial, Eastspring Jual Reksa Dana Online/Monica Ramadhona Wareza

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Eastspring Investment Indonesia bekerjasama dengan PT Star Mercato Capitale (Tanamduit) untuk mendistribusikan produk reksa dananya. Dengan menargetkan pasar milenial, pembelian produk reksa dana menggunakan platform digital ini bisa dilakukan dengan nominal paling rendah sebesar Rp 10.000/unit penyertaan.

CEO Eastspring Investment Indonesia Alan T. Darmawan mengatakan perusahaan membidik lebih banyak investor milenial dan memberikan pendidikan investasi kepada kalangan tersebut. Hingga saat ini belum ditargetkan berapa penambahan jumlah investor yang bisa didapatkan dengan kerja sama tersebut.


"Target [jumlah investor] belum ada diskusi, tapi kita sangat yakin dengan Tanamduit mereka lebih banyak ke milenial jadi easiness platform dan milenial lebih melek investasi mereka juga bisa investasi dengan Eastspring. Karena minimalnya Rp 10 ribu itu buat mereka lebih mau," kata Alan di kawasan Senopati, Jakarta, Rabu (27/11/2019).


Dalam kerja sama di tahap awal ini Eastspring baru menjual empat produk reksa dananya, dari sembilan produk reksa dana yang dimilikinya, melalui Tanamduit. Terdiri dari dua reksa dana pasar uang, satu produk reksa dana saham dan satu reksa dana pasar uang.

Keempat reksa dana tersebut antara lain Eastspring Investments IDR Fixed Income Fund, Eastspring Investments Syariah Fixed Income Amanah, Eastspring Investments Value Discovery dan Eastspring Investments Cash Reserve.

Hingga akhir September 2019 lalu, Eastspring memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 88,76 triliun. Jumlah tersebut turun dari posisi akhir tahun lalu yang mencapai Rp 90 triliun.


Dalam kesempatan yang sama, Founder dan CEO Tanamduit Rini Hapsari mengatakan saat ini dari 160.000 investor yang tercatat di Tanamduit, 90% di antaranya merupakan kalangan milenial. Mayoritas investor ini sebagian besar tersebar di kawasan kota besar.

"Perjalanan Tanamduit belum 2 tahun tapi market size sudah mencapai 160 ribu investor untuk reksa dana dan surat berharga negara. Strategic bisnis dengan Eastspring ini karena market share hampir 90% milenial. Strategi dengan Eastspring dengan biaya subscription minimal Rp 10 ribu itu bisa belajar investasi lewat reksa dana," kata Rini di kesempatan yang sama.

Saat ini Tanamduit sudah bekerjasama dengan 15 manajer investasi dan memasarkan kurang lebih sebanyak 60 produk reksa dana.

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading