Tips Investasi Saham

Mau Untung di Saham? Perhatikan Beta Sahamnya Dulu

Investment - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
16 October 2019 11:27
Gimana Caranya Dapat Angka Beta Saham?

Gimana Caranya Dapat Angka Beta Saham?

Sebenarnya angka beta suatu saham bisa didapat secara gratis di berbagai website, misalnya Yahoo Finance, Refinitiv Reuters, Pefindo Beta Stock, dan lain sebagainya. Pefindo juga secara rutin merilis angka beta saham untuk digunakan pelaku pasar secara luas.

Pefindo adalah entitas yang melakukan pemeringkatan aset keuangan terutama surat utang yang 
sebagian sahamnya dimiliki Bursa Efek Indonesia, dan beberapa dana pensiun Indonesia.


Pefindo Beta Saham tersebut bukan merupakan suatu angka yang ditujukan untuk rekomendasi membeli, menjual atau memegang saham tertentu, dan tidak dapat dianggap sebagai saran investasi dari Pefindo.

Daftar tersebut dapat dicari melalui mesin pencari pada laman internet atau search engine. Hingga Rabu ini (16/10/2019), edisi terakhir data tersebut tertanggal (11/10/2019). Angka beta yang dipergunakan pelaku pasar biasanya angka yang telah disesuaikan (adjusted beta).

Pada data tersebut, a
da tiga emiten indeks LQ45 yang memiliki beta paling tinggi yakni: PT PP Tbk/PTPP (2,15), PT Waskita Karya Tbk/WSKT (2,126), PT Medco Energi Internasional Tbk/MEDC (2,082), PT Wijaya Karya Tbk/WIKA (1,943).

Sedangkan tiga emiten dengan beta terendahnya yakni: PT Chandra Asri Petrochemical Tbk/TPIA (0.533), PT Sri Rejeki Isman Tbk/SRIL (0,591), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk/ICBP (0,539).


Hold_HOLDSumber: Pefindo


TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/tas)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading