Ekonomi Tak Pasti & Resesi Menghantui, Banyak Menabung!

Investment - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
06 September 2019 12:04
Kecemasan terjadi resesi terjadi pada sejumlah negara di berbagai belahan dunia. Perlambatan ekonomi menyerang banyak negara, termasuk Indonesia.
Cara pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan tabungan anda adalah dengan mengatur pengeluaran dengan cermat. Catat semua pengeluaran anda dalam beberapa bulan belakangan, sehingga anda bisa memilah mana yang bisa dipangkas atau dikurangi.

Ada juga cara penganggaran 50/30/20. Artinya, 50% pendapatan digunakan untuk belanja wajib, seperti cicilan rumah/apartemen ataupun transportasi, lalu 30% untuk belanja tambahan, dan 20% untuk ditabung. Bila anda bisa mengatur pengeluaran ini, maka anda bisa mengejar target tabungan anda.


"Anda harus menabung sebanyak mungkin di bank yang menurut anda aman. Jangan membodohi diri sendiri dengan berpikir menggunakan kartu kredit," kata Ahli Perencana Keuangan, Suze Orman.



Sebenarnya, menyisihkan 10% dari pendapatan untuk menabung sudah cukup ideal. Budaya menabung bisa menyelamatkan anda bila kondisi ekonomi sulit atau resesi datang secara tiba-tiba.

Selamat mencoba...

Simak video pengusaha waspadai resesi terjadi di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(wed/gus)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading