Seri Edukasi Teknikal

Mengenal Charles Dow dan Teorinya (3)

Investment - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
27 July 2019 12:20
Foto: cover/Charles dow/ Edward ricardo
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam berinvestasi saham di pasar modal, terdapat beberapa tahap yang biasanya terjadi di pasar saham baik saat pasar sedang bullish maupun bearish.

Menurut Charles Dow, tahapan tersebut erat kaitannya dengan psikologis pasar yang terefleksi melalui harga saham. Berikut Tahapannya:

Tiga Tahap di Pasar Bullish
Pasar bullish mulai terjadi ditandai dengan kondisi bisnis yang mulai membaik, yang meningkatkan minat pelaku pasar untuk berspekulasi dengan membeli saham. Pada kondisi pasar yang bullish, pergerakan sekunder juga akan terjadi sebagai pengkoreksi harga saham yang akan bergerak naik.


Tahap 1 - Akumulasi
Pada tahap akumulasi ini, umumnya antara pasar bullish dengan reli terakhir pada pasar bearish tidak dapat dibedakan. Pesimisme yang terlalu berlebihan masih akan terjadi di akhir tren pasar bearish hingga memasuki awal tren pasar bullish

Kondisi tersebut merupakan periode ketika stok berita di publik habis dan sebuah saham sedang berada di titik terendahnya pada saat yang sama.

Pada tahap inilah istilah "uang pintar" mulai muncul dan sebagian orang akan mulai mengakumulasi instrumen saham. Ini merupakan periode yang sangat baik bagi mereka yang memiliki kesabaran tinggi dan mampu melihat sebuah nilai dari sebuah saham untuk dikoleksi.

Banyak saham murah di pasar, tetapi tampaknya tidak ada yang menginginkannya.

Tahap pertama dari pasar bullish ini ketika sebuah saham sudah menemukan level terendahnya (support), lalu diam-diam menguat. Ketika harga saham mulai naik, muncul ketidakpercayaan di kalangan pelaku pasar bahwa harga mulai bullish.

Setelah harga naik dan menguji puncak pertama (resistance 1), harga saham akan turun kembali, pandangan bahwa tren masih bearish belum berakhir. Pada tahap inilah diperlukan kecermatan dalam menganalisis untuk menentukan apakah penurunan tersebut merupakan gerakan sekunder.

Tahap 2 - Gerakan Besar
Fase kedua ini merupakan tahap yang paling panjang dibandingkan tahapan lainnya. Bukan cuma itu, kenaikan harga sahamnya juga menjadi yang paling besar. Periode kedua ini ditandai dengan kondisi bisnis yang mulai membaik dan valuasi saham yang meningkat.

Pasar saham mulai naik dan kepercayaan diri investor mulai membaik. Tahap ini dianggap yang paling mudah dalam menghasilkan uang karena partisipasi dari pelaku pasar secara luas dan para pengikut tren (trend following) mulai berdatangan.

Tahap 3 - Ekses
Tahap ketiga dari pasar bullish ditandai spekulasi yang terlalu berlebihan dari para pelaku pasar. Selama tahap ketiga dan terakhir ini, investor publik sepenuhnya terlibat di pasar saham, penilaian yang berlebihan (ekses) dan kepercayaan diri para pelaku pasar yang luar biasa tinggi.

Setelah spekulasi meluas, para investor yang tanggap pada fase pertama mulai melepas aset yang dipegangnya.

Next >>> (yam/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading