Ingin Kaya Saat Pensiun? Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Usia 30

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
04 December 2018 10:33
Ingin Kaya Saat Pensiun? Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Usia 30
Jakarta, CNBC Indonesia- Berapa usia Anda sekarang? Jika masih di bawah usia 30 tahun sebaiknya jangan terus menundau ntuk menyimpan uang. Ingatlah masa pensiun di mana Anda tidak lagi produktif. Untuk itu, Anda disarankan melakukan dua hal ini kalau mau hidup nyaman saat pensiun.



1 Berinvestasi
Bila ingin kaya harus berinvestasi. Jutawan Tony Robbins mengatakan bahwa investasi akan membantu Anda menjadi 'pemilik'. 


"Apakah Anda seorang konsumen atau pemilik? Tetapkan tujuan, Anda tentu tidak hanya ingin membeli smartphone dari Apple tapi bagaimana memiliki Apple," ujar Tony seperti dilansir dari CNBC internasional.

Apa pun jenis investasi pilihannya, langkah utama yang penting dilakukan setidaknya membuka satu akun investasi dan mulai berkontribusi secara konsisten. Semakin dini memulai investasi maka semakin baik belum lagi tambahan bunga yang bisa memberikan kekayaan kepada Anda.

2 Auto-Debit
Langkah kedua yang penting dilakukan sebelum usia 30 tahun adalah 'menyalakan' mode auto debit. Tony menganjurkan agar konsisten menabung dan berinvestasi maka selalu lakukan auto debit. 

"Penghasilan yang Anda dapatkan dari investasi memungkinkan Anda hidup nyaman nantinya tanpa bekerja. Cara termudah mencapainya dengan mengotomatiskan investasi Anda. Jika ini tidak dilakukan, Anda tak akan pernah mendapatkan hasil yang diinginkan," papar penulis 'Money: Master the Game' itu.

Tony mengingatkan, banyak orang berkata mereka tidak punya uang untuk berinvestasi sehingga tak bisa menyisihkannya buat hal tersebut. Ini adalah kesalahan terbesar. Tidak perlu menjadi kaya dulu baru berinvestasi. Namun berinvestasilah dulu baru menjadi kaya.

"Anda harus memutuskan berapa uang yang diinginkan nantinya. Ini akan membuat Anda menjadi pemilik (investor) bukan hanya seseorang yang terus-menerus berjuang untuk membeli lebih banyak barang," tandasnya. 

Ingin Kaya Saat Pensiun? Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Usia 30Foto: Infografis/Pensiun/Edward Ricardo


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading