Mau Beli Rumah? Ingat, Jangan Terjebak Pada Satu Perkara Ini

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
18 May 2018 13:34
Mau Beli Rumah? Ingat, Jangan Terjebak Pada Satu Perkara Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Apa saja yang Anda perhatikan saat membeli rumah? Beberapa orang hanya memperhatikan kesesuaian budget dan model rumah itu sendiri.

Menurut pengusaha properti sukses Sidney Torres, yang sudah bertahun-tahun terjun di industri real estate, ada satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat beli rumah. Orang yang baru pertama kali beli rumah biasanya tak menyadari hal tersebut. Kesalahan apa yang dimaksud?

be



"Kesalahan terbesar orang yang pertama kali beli rumah adalah mereka hanya suka dengan rumahnya dan tidak memahami lingkungan sekitarnya," ujar Sidney kepada CNBC Make It.

Untuk itu, miliuner muda tersebut mengatakan bahwa penting mempertimbangkan lingkungan sekitar rumah. Coba kunjungi dan lihat sendiri bagaimana lingkungan rumah yang akan Anda beli pada pagi, siang, serta malam hari. Ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi yang ingin membeli rumah untuk investasi.

"Sebelum saya beli sesuatu atau membangun resort, saya selalu memperhatikan lingkungan sekitar, bagaimana matahari terbit hingga tenggelam. Bagi saya, sangat penting menghabiskan waktu di sana ketika pagi maupun malam hari," ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, Sidney juga menganjurkan untuk memperlihatkan segala sesuatu di lingkungan perumahan mulai dari hal kecil seperti lampu jalan hingga keamanan. Ingat, Anda akan tinggal lama di rumah tersebut. Jika tidak ditinggali maka lingkungan yang baik bisa menjadi poin plus untuk investasi properti.

Perhatikan pula seberapa dekat rumah Anda dengan transportasi umum, pusat perbelanjaan, atau sekolah. Pastikan infrastruktur lingkungannya sehat seperti tidak banjir atau alur pembuangan sampah berjalan secara teratur.

"Pada akhirnya membeli rumah menjadi salah satu pengeluaran terbesar yang orang lakukan. Untuk itu, Anda harus memahami dan memastikannya. Jika Anda akan tinggal di sana selama 10, 15, 20 tahun, tidak ada salahnya menghabiskan waktu 48 sampai 72 jam sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya," saran Sidney lagi.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading