Asosiasi Asuransi: Aturan Kepemilikan Asing Sesuai Harapan

Investment - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
10 May 2018 17:08
Asosiasi Asuransi: Aturan Kepemilikan Asing Sesuai Harapan
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akhirnya mengeluarkan peraturan mengenai kepemilikan asing di industri asuransi. Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 2018 yang membatasi kepemilikan asing hingga maksimal 80%.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan peraturan tersebut tidak berdampak negatif bagi industri asuransi jiwa. Pasalnya, regulasi tersebut sudah sesuai dengan harapan.


"Regulasi tersebut memang sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh para anggota, termasuk harapan dari perusahaan yang [kepemilikan asingnya] sudah telanjur di atas 80%," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu malam (9/5/2018).


Peraturan ini dianggap sesuai dengan harapan pelaku industri sebab perusahaan asuransi yang sudah berdiri dan memiliki kepemilikan asing di atas 80% dikecualikan dari kewajiban tersebut. Namun, pemilik asing di perusahaan asuransi yang bersangkutan dilarang menambah kepemilikannya.

Dalam keanggotaan AAJI terdapat beberapa perusahaan asuransi jiwa yang sudah memiliki kepemilikan asing di atas 80%.

Lebih lanjut, berdasarkan peraturan tersebut, batasan kepemilikan asing maksimal 80% tidak ditujukan bagi perusahaan asuransi berbentuk perseroan terbuka. Aturan ini hanya ditujukan bagi perusahaan asuransi yang baru berdiri atau yang belum memenuhi kepemilikan asing 80%.


Sementara bagi perusahaan di luar ketentuan tersebut, sebanyak 20% kepemilikan lokal bisa dipenuhi dari setoran modal warga negara atau badan hukum negara Indonesia. Selain itu, setoran modal bisa pula dipenuhi dari penawaran umum saham perdana di bursa Indonesia. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading