Riset: Wanita Lebih Pintar Kelola Bisnis dan Keuangan

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
05 March 2018 15:12
Riset: Wanita Lebih Pintar Kelola Bisnis dan Keuangan
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak wanita yang kini sukses berbisnis. Berdasarkan riset ini karena wanita lebih pintar dalam mengelola uang daripada pria. Seperti riset yang pernah dilakukan oleh Michele Raneri sebagai Wakil Presiden Analisis dari Experian, yang mengungkap kalau penelitian menunjukkan wanita lebih pintar mengatur keuangan dibanding pria.

Agni Pratama selaku Vice President Business Development LiMa Group Craft Enthusiast juga menyebut hal serupa. Menurut Agni, lebih dari 60% wanita lebih piawai dalam mengatur keuangan. Struktur sosial menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut.




"Perempuan itu berdasarkan riset ketika mengelola uang lebih tertata, lebih rapi, dan disiplin. Kalau kita ngomong social structure, laki-laki sejak dulu harus bekerja keras, perempuan yang mengatur uang sehingga dia sangat tertib terutama bila pasangannya memberi uang nggak cukup banyak. Jadi secara struktur itu menjadi kebiasaan," jelas Agni saat berbincang dengan CNBC Indonesia beberapa waktu lalu di kawasan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, pria yang sejak 1997 berkecimpung di industri bisnis craft tersebut juga menuturkan kalau dalam penggunaan uang, wanita memang lebih pintar. Laki-laki dianggap lebih konsumtif dan membeli secara fisik. Sedangkan wanita tak hanya memikirkan hal-hal fisik tapi juga kesehatan hingga masa depan.

Tak heran, bila bisnis yang dikelola oleh perempuan cenderung lebih sustainable daripada pria. Berdasarkan pengalaman klien yang pernah ditangani Agni, ia juga mengakui kalau bisnis yang dipegang perempuan lebih berkembang.

"Dari pengalaman memang seperti itu tapi beda-beda ya sekarang. Mungkin karena laki-laki cenderung membeli infrastruktur, fisik. Sementara perempuan lebih memikirkan sanitasi, kesehatan, asuransi, dan sebagainya. Makanya perusahaan-perusahaan raksasa kebanyakan target market-nya perempuan juga karena itu. Lihat juga sekarang CEO cewek ngeri-ngeri ya. Namun masih based on research dan riset ini on going sih sejak sepuluh tahun lalu lah ya," kata Agni lagi.

Meski demikian, Agni menilai kalau ke depannya wanita dan pria akan memiliki kedudukan yang sama rata dalam berbisnis. Perkembangan zaman yang kini serba digital memudahkan para pria mendapatkan lebih banyak informasi dalam mengatur keuangan. Begitu pula dengan wanita yang bisa terus mengembangkan potensi diri mereka.

"Karena sekarang lebih mudah, zaman sudah digital, laki-laki dan perempuan sekarang punya peluang yang sama baik dari sisi waktu maupun kesempatan. Saya yakin ke depannya nanti bisa imbang laki-laki dan perempuan," tambahnya. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading