The Fed Sentil Facebook Libra, Trader Bitcoin Rugi Rp 12 Juta

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 July 2019 16:16
The Fed Sentil Facebook Libra, Trader Bitcoin Rugi Rp 12 Juta
Jakarta, CNBC Indonesia - Investor Bitcoin harus menanggung rugi karena harga Bitcoin turun hampir 8% pada Kamis (11/7/2019). Anjloknya harga Bitcoin karena Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell meminta Facebook menghentikan pengembangan proyek cryptocurrency Facebook Libra.

Pada perdagangan pagi, harga Bitcoin turun hingga 7,7% menjadi US$ 11.164 per koin atau setara Rp 157,41 juta per koin (asumsi US$1 = Rp 14.100). Artinya investor rugi Rp 12,12 juta. Sehari sebelumnya harga Bitcoin turun 3,8%.


"Ini adalah respons langsung terhadap pernyataan Jerome Powell tentang Facebook Libra dan implikasinya terlihat pada seluruh ruang cryptocurrency," kata Craig Erlam, analis dari FX OANDA, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/7/2019).


Dalam rapat kerja dengan parlemen AS, Jerome Powell memang mengimbau Facebook untuk menghentikan sementara proyek Libra hingga masalah serius yang ditimbulkan koin digital ini terselesaikan.

Libra Facebook harus menyelesaikan masalah pada privasi, pencucian uang dan stabilitas keuangan. Jerome Powell bahkan menyebut jika Libra bermasalah bisa menimbulkan dampak sistemik ke sistem keuangan dilihat dari jumlah penggunanya yang begitu luas.

Pengumuman Libra telah membuat harga Bitcoin menyentuh level tertinggi dalam 18 bulan terakhir, US$14.000 per koin. Proyek ini telah meningkatkan harapan bahwa cryptocurrency dapat memperoleh penerimaan yang lebih luas.

Simak video tentang Facebook Libra di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading