Aturan Baru Berlaku, Akankah Grab Menaikkan Tarif?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 July 2019 15:49
Aturan Baru Berlaku, Akankah Grab Menaikkan Tarif?
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa ride hailing Asia Tenggara, Grab membuka peluang untuk menaikkan tarif sebagai dampak dari kebijakan pemerintah Malaysia yang mewajibkan mitra driver memiliki lisensi khusus.

Grab juga meminta pengertian dari penumpang bila mengalami waktu tunggu yang lebih lama karena kesulitan mendapatkan driver.


"Sebagai penumpang, kami memahami kendala yang dihadapi pengguna ketika tarif lebih mahal," ujar Grab melalui keterangan resmi, seperti dikutip dari The Star Online, Kamis (11/7/2019).


Di Malaysia, Grab menerapkan tarif dinamis atau berubah-ubah. Grab menyarankan penggunanya untuk menghindari pemesanan di jam-jam sibuk pada jam 7-9 pagi dan jam 5 sore hingga jam 8 malam.

Aturan Baru Berlaku, Akankah Grab Malaysia Naikkan Tarif?Foto: CNBC

Aturan lisensi khusus mitra driver ini diumumkan tahun lalu. Untuk mendapatkan lisensi, mitra driver harus mendapatkan pelatihan selama 6 jam dan membayar biaya lisensi hingga 200 ringgit atau setara Rp 683 ribu.

Regulasi baru Malaysia dalam ride hailing akan memengaruhi jumlah mitra driver GrabCar, JustGrab, GrabCar Plus dan GrabCar Premium. Namun kebijakan ini tidak berlaku pada layanan taksi Grab.


"Jelang implementasi peraturan 12 Juli 2019, kami telah bekerja sama dengan Kementerian Transportasi, JPJ, APAD dan Puspakom untuk meningkatkan efisiensi proses, dan untuk membantu pengemudi kami soal biaya [lisensi]," terang Grab.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi antara lain kendaraan harus lulus pengecekan dari Computerised Vehicle Inspection Centres (Puspakom), lulus tes kesehatan hingga membeli asuransi kendaraan tambahan dan melengkapi kendaraan dengan peralatan keselamatan termasuk alat pemadam kebakaran.


Diperkirakan total biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi pernyataan tersebut mencapai 800 ringgit atau setara Rp 2,7 juta.

Asosiasi ride-hailing Malaysia (MeHDA) memperkirakan akan ada pengurangan jumlah pengemudi secara signifikan karena aturan ini. Tarif juga diperkirakan akan naik 50% tergantung permintaan dan penawaran serta waktu pemesanan.

Simak video tentang Grab di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading