Pelapak Asing di Toko Online

Ini Dia 10 Barang Impor Dari China yang Banjiri RI

Fintech - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
10 July 2019 17:27
Ini Dia 10 Barang Impor Dari China yang Banjiri RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah bukan rahasia bahwa produk-produk impor Indonesia banyak berasal dari China. Label 'made in China' tampaknya juga sudah bukan hal yang asing di mata konsumen Indonesia.

Faktanya, lebih dari seperempat (28,49%) produk nonmigas impor yang datang ke Indonesia di tahun 2018 berasal dari China, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Setiap satu dari empat barang impor non migas di Indonesia, dikirim dari Negeri Tirai Bambu.


Berikut 10 golongan barang terbesar yang diimpor dari China di tahun 2018, berdasarkan penelusuran Tim Riset CNBC Indonesia pada data perdagangan luar internasional yang dirangkum oleh UN Comtrade. UN Comtrade sendiri merupakan basis data yang dikelola oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).





Dari grafik di atas dapat terlihat bahwa golongan barang HS 85 dan HS 84 hampir mendominasi barang impor yang datang dari China. Dalam HS 85, barang yang paling banyak diimpor adalah telepon seluler (HS 8517), dengan nilai mencapai US$ 3,72 miliar di tahun 2018.


Maklum saja, merk-merk handphone asal China memang cukup digemari konsumen Indonesia. Contonnya Xiaomi, Oppo, dan Huawei. Selain itu, sebagian besar merk handphone dunia juga menggunakan China sebagai basis produksi.

Sementara barang paling banyak diimpor yang termasuk dalam HS 84 adalah mesin pengolah data otomatis (HS 8471) dengan total nilai US$ 1,65 miliar. Fasilitas produksi seperti pabrik, serta fasilitas pembangkit listrik banyak menggunakan mesin-mesin ini.


Adapun barang-barang lain sebagian besar merupakan bahan baku produksi di berbagai industri, elektronik, konstruksi, dan kimia.



TIM RISET CNBC INDONESIA



(taa/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading